Show simple item record

dc.contributor.advisormarsudi, imam
dc.contributor.authorHIDAYAT, MIFTAHUL IRFAN
dc.date.accessioned2019-11-22T06:24:22Z
dc.date.available2019-11-22T06:24:22Z
dc.date.issued2019-10-09
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30558
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran ISMUBA serta efektifitas manajemen pembelajaran guru ISMUBA dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa SMA Muhammadiyah Gadingrejo Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, dua guru ISMUBA, dan siswa SMA Muhammadiyah Gadingrejo. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data di analisis dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) guru dalam merencanakan pembelajaran masih kurang baik dari segi perangkat perencanaan pembelajaran, 2) guru dalam melaksanakan pembelajaran masih kurang baik dari segi mempersiapkan materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, penggunaan alat teknologi, dan mengevaluasi pembelajaran belum dapat mengaktifan siswa, 3) kemudian untuk efektifitas manajemen pembelajaran guru masih kurang baik dengan tidak efektifnya pembelajaran di kelas.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran ISMUBA serta efektifitas manajemen pembelajaran guru ISMUBA dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa SMA Muhammadiyah Gadingrejo Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, dua guru ISMUBA, dan siswa SMA Muhammadiyah Gadingrejo. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data di analisis dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) guru dalam merencanakan pembelajaran masih kurang baik dari segi perangkat perencanaan pembelajaran, 2) guru dalam melaksanakan pembelajaran masih kurang baik dari segi mempersiapkan materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber pembelajaran, penggunaan media pembelajaran, penggunaan alat teknologi, dan mengevaluasi pembelajaran belum dapat mengaktifan siswa, 3) kemudian untuk efektifitas manajemen pembelajaran guru masih kurang baik dengan tidak efektifnya pembelajaran di kelas.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectEvaluasi kemampuan manajemen pembelajaran, guru ISMUBA, keaktifan belajaren_US
dc.titleEVALUASI KEMAMPUAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN GURU ISMUBA DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMA MUHAMMADIYAH GADINGREJO LAMPUNGen_US
dc.typeThesis SKR FAI 255en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record