dc.contributor.advisor | KAMARDIANI, DIAH RINA | |
dc.contributor.advisor | SRIYADI, SRIYADI | |
dc.contributor.author | MAHARDIKA, ZUHDAN | |
dc.date.accessioned | 2019-11-26T03:25:36Z | |
dc.date.available | 2019-11-26T03:25:36Z | |
dc.date.issued | 2019-09-25 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30570 | |
dc.description | Tujuan penelitian ini untuk mengetahui saluran pemasaran, biaya pemasaran,
margin pemasaram, keuntungan pemasaran, , dan efisiensi
pemasaran kelapa kopyor di Desa Alasdowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten
Pati. Metode dasar yang digunakan adalah deskriptif. Responden petani berjumlah
54 orang dan responden lembaga pemasaran berjumlah 16 orang. Hasil penelitian
menunjukan terbentuknya empat saluran pemasaran yaitu (1) petani - pedagang
pentotok - pengepul - pedagang besar - pengecer - konsumen, (2) petani -
pengepul - pedagang besar - pengecer - konsumen, (3) petani - pedagang besar -
pengecer - konsumen, (4) petani - pengepul - pedagang besar - pengecer -
konsumen. Saluran I biaya pemasaran yang dikeluarkan merupakan paling tinggi,
sedangkan saluran III biaya pemasarannya yang paling rendah. Margin pemasaran
saluran I yang paling tinggi dan margin pemasaran saluran III merupakan yang
paling rendah. Keuntungan pemasaran saluran I merupakan yang paling tinggi,
sedangkan saluran III merupakan yang paling rendah. 3. Pada saluran III
kan petani
menguntungkan petani. Efisiensi pemasaran pada saluran IV paling efisien
dibandingkan saluran lainnya baik dari IET maupun IEE. | en_US |
dc.description.abstract | The purpose of
this study was to determine marketing channels, marketing costs, marketing
margins s share, and marketing efficiency of Kopyor
coconut in Alasdowo Village, Dukuhseti District, Pati Regency. The basic method
used is descriptive. The number of farmer respondents was 54 people and
marketing agent respondents were 16 people. The results showed that four
marketing channels were formed: (1) farmers - pentotok traders collectors
traders - big traders - retailers - consumers, (2) farmers collectors traders big
traders - retailers - consumers, (3) farmers - big traders - retailers - consumers,
(4) farmers -collectors- big traders - retailers - consumers. Channel 1 marketing
costs incurred are the highest, while channel III marketing costs the lowest.
Channel I marketing margin is the highest and Channel III marketing margin is
the lowest. The marketing profit of channel I is the highest, while channel III is
the lowest. Channel III is the channel with the highest farmer share which benefits
the coconut farmers, while the farmer share is lowest in channel I that does not
benefit the farmer. Marketing efficiency in channel IV is the most efficient
compared to other channels from both IET and IEE. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Cost, efficiency, kopyor coconut, margin, and profit. | en_US |
dc.title | PEMASARAN KELAPA KOPYOR DI DESA ALASDOWO KECAMATAN DUKUHSETI KABUPATEN PATI | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FP
22 | en_US |