dc.contributor.advisor | MARTIANA, ANDRI | |
dc.contributor.author | PANENA, ZENZA CHESSARA NOVADA | |
dc.date.accessioned | 2019-11-30T01:48:02Z | |
dc.date.available | 2019-11-30T01:48:02Z | |
dc.date.issued | 2019-09 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30662 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemberdayaan
ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) di
Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan teknik
pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Narasumber dalam
penelitian ini adalah manajer atau pihak yang mempuni dalam bidang
pemberdayaan ekonomi masyarakat di BMT Bina Ihsanul Fikri Kotagede, BMT
Bina Ummah Godean dan BMT Artha Amanah Sanden beserta salah satu
penerima manfaat atau kelompok dampingan dari BMT tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan ekonomi
masyarakat yang dilakukan oleh BMT di Yogyakarta adalah dengan membentuk
dan mengadakan program pemberdayaan, yaitu bentuk pemberian modal usaha
berupa uang maupun barang kepada penerima manfaat dan/atau kelompok
dampingan pemberdayaan ekonomi pada masing-masing BMT. Baitul maal BMT
yang bergabung dengan PBMT MAAL DIY akan memiliki program
pemberdayaan ekonomi yang hampir sama. Program pemberdayaan ekonomi
yang dilakukan oleh BMT di Yogyakarta menjadikan masyarakat tidak hanya
mengalami peningkatan perekonomian tetapi sekaligus membangun mental dan
kerohanian mereka. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemberdayaan
ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) di
Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan teknik
pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Narasumber dalam
penelitian ini adalah manajer atau pihak yang mempuni dalam bidang
pemberdayaan ekonomi masyarakat di BMT Bina Ihsanul Fikri Kotagede, BMT
Bina Ummah Godean dan BMT Artha Amanah Sanden beserta salah satu
penerima manfaat atau kelompok dampingan dari BMT tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan ekonomi
masyarakat yang dilakukan oleh BMT di Yogyakarta adalah dengan membentuk
dan mengadakan program pemberdayaan, yaitu bentuk pemberian modal usaha
berupa uang maupun barang kepada penerima manfaat dan/atau kelompok
dampingan pemberdayaan ekonomi pada masing-masing BMT. Baitul maal BMT
yang bergabung dengan PBMT MAAL DIY akan memiliki program
pemberdayaan ekonomi yang hampir sama. Program pemberdayaan ekonomi
yang dilakukan oleh BMT di Yogyakarta menjadikan masyarakat tidak hanya
mengalami peningkatan perekonomian tetapi sekaligus membangun mental dan
kerohanian mereka. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Strategi, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Baitul Maal Wat Tamwil | en_US |
dc.title | STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DI YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
209 | en_US |