Show simple item record

dc.contributor.advisorMARTIANA, ANDRI
dc.contributor.authorPANENA, ZENZA CHESSARA NOVADA
dc.date.accessioned2019-11-30T01:48:02Z
dc.date.available2019-11-30T01:48:02Z
dc.date.issued2019-09
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30662
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) di Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah manajer atau pihak yang mempuni dalam bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat di BMT Bina Ihsanul Fikri Kotagede, BMT Bina Ummah Godean dan BMT Artha Amanah Sanden beserta salah satu penerima manfaat atau kelompok dampingan dari BMT tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh BMT di Yogyakarta adalah dengan membentuk dan mengadakan program pemberdayaan, yaitu bentuk pemberian modal usaha berupa uang maupun barang kepada penerima manfaat dan/atau kelompok dampingan pemberdayaan ekonomi pada masing-masing BMT. Baitul maal BMT yang bergabung dengan PBMT MAAL DIY akan memiliki program pemberdayaan ekonomi yang hampir sama. Program pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh BMT di Yogyakarta menjadikan masyarakat tidak hanya mengalami peningkatan perekonomian tetapi sekaligus membangun mental dan kerohanian mereka.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) di Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah manajer atau pihak yang mempuni dalam bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat di BMT Bina Ihsanul Fikri Kotagede, BMT Bina Ummah Godean dan BMT Artha Amanah Sanden beserta salah satu penerima manfaat atau kelompok dampingan dari BMT tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat yang dilakukan oleh BMT di Yogyakarta adalah dengan membentuk dan mengadakan program pemberdayaan, yaitu bentuk pemberian modal usaha berupa uang maupun barang kepada penerima manfaat dan/atau kelompok dampingan pemberdayaan ekonomi pada masing-masing BMT. Baitul maal BMT yang bergabung dengan PBMT MAAL DIY akan memiliki program pemberdayaan ekonomi yang hampir sama. Program pemberdayaan ekonomi yang dilakukan oleh BMT di Yogyakarta menjadikan masyarakat tidak hanya mengalami peningkatan perekonomian tetapi sekaligus membangun mental dan kerohanian mereka.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectStrategi, Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat, Baitul Maal Wat Tamwilen_US
dc.titleSTRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) DI YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 209en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record