dc.contributor.author | NUHRI, SUKRIADI | |
dc.date.accessioned | 2019-12-06T02:50:32Z | |
dc.date.available | 2019-12-06T02:50:32Z | |
dc.date.issued | 2019 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30790 | |
dc.description | Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis dekriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dikemukakan oleh peneliti terkait dengan evaluasi penggunaan metode role play dalam pembelajaran Akidah-Akhlak di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, peneliti menarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Penggunaan metode role play dalam pembelajaran Akidah-Akhlak di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. a) Dalam penggunaan metode role play pendidik harus bisa mencapai tujuan pembelajaran yang efektif. b) Guru sekolah harus mendampingi siswa dalam memerankan sebuah peran. c) Setiap menggunakan metode role play guru harus memiliki supervisi guna mencapai dan mengembangkan metode pembelajaran. 2) Usaha pembelajaran Akidah-Akhlak di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. a) Guru memiliki profesionalitas dalam pembelajran dikelas. b) Guru mengetahui latar belakang siswa guna menuju pembelajaran yang efektif. c) Guru dan siswa saling bekerja sama demi mencapai tujuan pembelajaran yang baik. 3) Evaluasi pengguna metode role play dalam pembelajaran AkidahAkhlak. a) Guru mengadakan evaluasi setelah melakukan proses pembelajara. b) Guru mengetahui kekurangan dalam metode role play dan dapat mengatasi guna efektifitas penggunaan metode role play. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis dekriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dikemukakan oleh peneliti terkait dengan evaluasi penggunaan metode role play dalam pembelajaran Akidah-Akhlak di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, peneliti menarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Penggunaan metode role play dalam pembelajaran Akidah-Akhlak di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. a) Dalam penggunaan metode role play pendidik harus bisa mencapai tujuan pembelajaran yang efektif. b) Guru sekolah harus mendampingi siswa dalam memerankan sebuah peran. c) Setiap menggunakan metode role play guru harus memiliki supervisi guna mencapai dan mengembangkan metode pembelajaran. 2) Usaha pembelajaran Akidah-Akhlak di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. a) Guru memiliki profesionalitas dalam pembelajran dikelas. b) Guru mengetahui latar belakang siswa guna menuju pembelajaran yang efektif. c) Guru dan siswa saling bekerja sama demi mencapai tujuan pembelajaran yang baik. 3) Evaluasi pengguna metode role play dalam pembelajaran AkidahAkhlak. a) Guru mengadakan evaluasi setelah melakukan proses pembelajara. b) Guru mengetahui kekurangan dalam metode role play dan dapat mengatasi guna efektifitas penggunaan metode role play. | en_US |
dc.publisher | FAI UMY | en_US |
dc.subject | PEMBELAJARAN AKIDAH-AHLAK. | en_US |
dc.title | EVALUASI PENGGUNAAN METODE ROLE PLAY DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH- AKHLAK DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FAI
312 | en_US |