Show simple item record

dc.contributor.advisorNURISNA, ZUHRI
dc.contributor.authorSOBARNAS, HUBAY DILLAH
dc.date.accessioned2019-12-11T02:50:59Z
dc.date.available2019-12-11T02:50:59Z
dc.date.issued2019-11-12
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30866
dc.descriptionTeknologi di dunia industri otomotif, maka dunia pendidikan dituntut untuk memberikan pemahaman tentang teknologi sepeda motor khususnya dibidang Teknik Mesin Otomotif. Tujuan dari penulis untuk membuat alat peraga engine cutting sebagai media praktik sepeda motor serta untuk mengetahui prinsip sistem kerja pemindah tenaga, serta cara mengatasi troubleshooting sistem transmisi, menghitung perbandingan gigi, menghitung pengeluaran output rpm, dan menghitung torsi. Proses Analisis dilakukan dengan membongkar seluruh mekanisme komponen sistem pemindah tenaga, mengidentifikasi kerusakan, dan memasang kembali sistem pemindah tenaga pada honda CS1, hal tersebut dilakukan guna mengetahui kondisi komponen di dalamnya, serta untuk menganalisis kerusakan yang terjadi di dalam mekanisme tersebut. Berdasarkan dari proses analisis sistem pemindah tenaga pada motor Honda CS-1 menggunakan sistem kopling manual, yang mana putaran dari poros engkol diteruskan ke primary drive gear dan diteruskan ke transmisi melalui kampas kopling. Putaran dari poros engkol dapat diputus dan disambungkan oleh tuas/handle kopling, Dalam pengukuran semua komponen masih dalam kondisi baik tanpa adanya keausan, hasil perhitungan ratio transmisi menunjukkan pada transmisi 1 didapatkan nilai torsi yang paling besar, dan pada transmisi kecepatan 5 hasil output rpm yang paling besar. Hasil analisis pada transmisi honda CS-1 diperoleh hasil kecepatan maksimum pada 10,000 Rpm, pada kecepatan transmisI 1 diperoleh kecepatan = 36 km/jam dan kecepatan maksimum pada gigi 5 = 123 km/jam.en_US
dc.description.abstractTeknologi di dunia industri otomotif, maka dunia pendidikan dituntut untuk memberikan pemahaman tentang teknologi sepeda motor khususnya dibidang Teknik Mesin Otomotif. Tujuan dari penulis untuk membuat alat peraga engine cutting sebagai media praktik sepeda motor serta untuk mengetahui prinsip sistem kerja pemindah tenaga, serta cara mengatasi troubleshooting sistem transmisi, menghitung perbandingan gigi, menghitung pengeluaran output rpm, dan menghitung torsi. Proses Analisis dilakukan dengan membongkar seluruh mekanisme komponen sistem pemindah tenaga, mengidentifikasi kerusakan, dan memasang kembali sistem pemindah tenaga pada honda CS1, hal tersebut dilakukan guna mengetahui kondisi komponen di dalamnya, serta untuk menganalisis kerusakan yang terjadi di dalam mekanisme tersebut. Berdasarkan dari proses analisis sistem pemindah tenaga pada motor Honda CS-1 menggunakan sistem kopling manual, yang mana putaran dari poros engkol diteruskan ke primary drive gear dan diteruskan ke transmisi melalui kampas kopling. Putaran dari poros engkol dapat diputus dan disambungkan oleh tuas/handle kopling, Dalam pengukuran semua komponen masih dalam kondisi baik tanpa adanya keausan, hasil perhitungan ratio transmisi menunjukkan pada transmisi 1 didapatkan nilai torsi yang paling besar, dan pada transmisi kecepatan 5 hasil output rpm yang paling besar. Hasil analisis pada transmisi honda CS-1 diperoleh hasil kecepatan maksimum pada 10,000 Rpm, pada kecepatan transmisI 1 diperoleh kecepatan = 36 km/jam dan kecepatan maksimum pada gigi 5 = 123 km/jam.en_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectSistem Transmisi, Honda CS-1, Cuttingen_US
dc.titleANALISIS SISTEM TRANSMISI SEPEDA MOTOR HONDA CS-1 DENGAN METODE CUTTINGen_US
dc.typeThesis SKR FT 410en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record