dc.contributor.advisor | NURISNA, ZUHRI | |
dc.contributor.author | SOBARNAS, HUBAY DILLAH | |
dc.date.accessioned | 2019-12-11T02:50:59Z | |
dc.date.available | 2019-12-11T02:50:59Z | |
dc.date.issued | 2019-11-12 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30866 | |
dc.description | Teknologi di dunia industri otomotif, maka dunia pendidikan dituntut untuk memberikan pemahaman tentang teknologi sepeda motor khususnya dibidang Teknik Mesin Otomotif. Tujuan dari penulis untuk membuat alat peraga engine cutting sebagai media praktik sepeda motor serta untuk mengetahui prinsip sistem kerja pemindah tenaga, serta cara mengatasi troubleshooting sistem transmisi, menghitung perbandingan gigi, menghitung pengeluaran output rpm, dan menghitung torsi. Proses Analisis dilakukan dengan membongkar seluruh mekanisme komponen sistem pemindah tenaga, mengidentifikasi kerusakan, dan memasang kembali sistem pemindah tenaga pada honda CS1, hal tersebut dilakukan guna mengetahui kondisi komponen di dalamnya, serta untuk menganalisis kerusakan yang terjadi di dalam mekanisme tersebut. Berdasarkan dari proses analisis sistem pemindah tenaga pada motor Honda CS-1 menggunakan sistem kopling manual, yang mana putaran dari poros engkol diteruskan ke primary drive gear dan diteruskan ke transmisi melalui kampas kopling. Putaran dari poros engkol dapat diputus dan disambungkan oleh tuas/handle kopling, Dalam pengukuran semua komponen masih dalam kondisi baik tanpa adanya keausan, hasil perhitungan ratio transmisi menunjukkan pada transmisi 1 didapatkan nilai torsi yang paling besar, dan pada transmisi kecepatan 5 hasil output rpm yang paling besar. Hasil analisis pada transmisi honda CS-1 diperoleh hasil kecepatan maksimum pada 10,000 Rpm, pada kecepatan transmisI 1 diperoleh kecepatan = 36 km/jam dan kecepatan maksimum pada gigi 5 = 123 km/jam. | en_US |
dc.description.abstract | Teknologi di dunia industri otomotif, maka dunia pendidikan dituntut untuk memberikan pemahaman tentang teknologi sepeda motor khususnya dibidang Teknik Mesin Otomotif. Tujuan dari penulis untuk membuat alat peraga engine cutting sebagai media praktik sepeda motor serta untuk mengetahui prinsip sistem kerja pemindah tenaga, serta cara mengatasi troubleshooting sistem transmisi, menghitung perbandingan gigi, menghitung pengeluaran output rpm, dan menghitung torsi. Proses Analisis dilakukan dengan membongkar seluruh mekanisme komponen sistem pemindah tenaga, mengidentifikasi kerusakan, dan memasang kembali sistem pemindah tenaga pada honda CS1, hal tersebut dilakukan guna mengetahui kondisi komponen di dalamnya, serta untuk menganalisis kerusakan yang terjadi di dalam mekanisme tersebut. Berdasarkan dari proses analisis sistem pemindah tenaga pada motor Honda CS-1 menggunakan sistem kopling manual, yang mana putaran dari poros engkol diteruskan ke primary drive gear dan diteruskan ke transmisi melalui kampas kopling. Putaran dari poros engkol dapat diputus dan disambungkan oleh tuas/handle kopling, Dalam pengukuran semua komponen masih dalam kondisi baik tanpa adanya keausan, hasil perhitungan ratio transmisi menunjukkan pada transmisi 1 didapatkan nilai torsi yang paling besar, dan pada transmisi kecepatan 5 hasil output rpm yang paling besar. Hasil analisis pada transmisi honda CS-1 diperoleh hasil kecepatan maksimum pada 10,000 Rpm, pada kecepatan transmisI 1 diperoleh kecepatan = 36 km/jam dan kecepatan maksimum pada gigi 5 = 123 km/jam. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Sistem Transmisi, Honda CS-1, Cutting | en_US |
dc.title | ANALISIS SISTEM TRANSMISI SEPEDA MOTOR HONDA CS-1 DENGAN METODE CUTTING | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FT
410 | en_US |