Show simple item record

dc.contributor.authorSURYA, MUHAMMAD TAUFIK NUR
dc.date.accessioned2019-12-18T10:19:46Z
dc.date.available2019-12-18T10:19:46Z
dc.date.issued2019
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/30967
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis nilai-nilai pendidikan multikultural dalam al-Qur’an surah al-Hujurat ayat 11-13 Tafsir alAzhar Buya Hamka, (2) mengetahui dan menganalisis konsep pendidikan multikultural dalam al-Qur’an surah al-Hujurat ayat 11-13 Tafsir al-Azhar Buya Hamka, (3) mengetahui dan menganalisis praktik pendidikan multikultural dalam al-Qur’an surah al-Hujurat ayat 11-13 Tafsir al-Azhar Buya Hamka. Jenis penelitian ini tergolong kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menelaah, mencari dan memilah dari berbagai literasi yang berkaitan dengan skripsi ini. Teknik pengumpulan data dibagi menjadi dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi atau dokumen (content or document analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) nilai-nilai pendidikan multikultural dalam Tafsir al-Azhar Buya Hamka surah al-Hujurat ayat 11-13 yaitu larangan mengolok-olok, berburuk sangka, mengghibah atau menggunjing, mengakui persamaan derajat (egaliter), nilai toleransi dan kerukunan. 2) konsep pendidikan multikultural dalam Tafsir al-Azhar Buya Hamka al-Qur’an surah alHujurat ayat 11-13 yaitu menjauhkan diri dari sikap atau perbuatan mengolok-olok terhadap orang lain, berprasangka buruk, mencari-cari dan menyebarkan kesalahan atau aib orang lain (tajassus), menggunjing (ghibah). 3) praktik pendidikan multikultural dalam al-Qur’an surah al-Hujurat ayat 11-13 yaitu setiap manusia hendaknya menjauhkan diri dari perbuatan yang dapat mengakibatkan perpecahan. Manusia ditekankan untuk melakukan ishlah atau perbaikan terhadap saudaranya, kemudian hendaknya manusia harus lebih kenal-mengenal tanpa memandang status sosial, ekonomi, latar belakang dan semacamnya, supaya dengan itu akan menciptakan suatu hubungan yang dekat dan menjalin persaudaraan dalam kebaikan.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis nilai-nilai pendidikan multikultural dalam al-Qur’an surah al-Hujurat ayat 11-13 Tafsir alAzhar Buya Hamka, (2) mengetahui dan menganalisis konsep pendidikan multikultural dalam al-Qur’an surah al-Hujurat ayat 11-13 Tafsir al-Azhar Buya Hamka, (3) mengetahui dan menganalisis praktik pendidikan multikultural dalam al-Qur’an surah al-Hujurat ayat 11-13 Tafsir al-Azhar Buya Hamka. Jenis penelitian ini tergolong kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menelaah, mencari dan memilah dari berbagai literasi yang berkaitan dengan skripsi ini. Teknik pengumpulan data dibagi menjadi dua sumber yaitu data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis isi atau dokumen (content or document analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) nilai-nilai pendidikan multikultural dalam Tafsir al-Azhar Buya Hamka surah al-Hujurat ayat 11-13 yaitu larangan mengolok-olok, berburuk sangka, mengghibah atau menggunjing, mengakui persamaan derajat (egaliter), nilai toleransi dan kerukunan. 2) konsep pendidikan multikultural dalam Tafsir al-Azhar Buya Hamka al-Qur’an surah alHujurat ayat 11-13 yaitu menjauhkan diri dari sikap atau perbuatan mengolok-olok terhadap orang lain, berprasangka buruk, mencari-cari dan menyebarkan kesalahan atau aib orang lain (tajassus), menggunjing (ghibah). 3) praktik pendidikan multikultural dalam al-Qur’an surah al-Hujurat ayat 11-13 yaitu setiap manusia hendaknya menjauhkan diri dari perbuatan yang dapat mengakibatkan perpecahan. Manusia ditekankan untuk melakukan ishlah atau perbaikan terhadap saudaranya, kemudian hendaknya manusia harus lebih kenal-mengenal tanpa memandang status sosial, ekonomi, latar belakang dan semacamnya, supaya dengan itu akan menciptakan suatu hubungan yang dekat dan menjalin persaudaraan dalam kebaikan.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectPENDIDIKAN MULTIKULTURALen_US
dc.subjectSURAH AL-HUJURAT AYAT 11-13.en_US
dc.titlePENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM TAFSIR AL-AZHAR BUYA HAMKA (Telaah al-Qur’an Surah Al Hujurat Ayat 11-13)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record