Show simple item record

dc.contributor.authorTASALIM, RIAN
dc.contributor.authorROCHMAWATI, ERNA
dc.contributor.authorWARDANINGSIH, SHANTI
dc.contributor.authorSARI, NOVITA KURNIA
dc.date.accessioned2020-01-18T02:36:08Z
dc.date.available2020-01-18T02:36:08Z
dc.date.issued2018-12
dc.identifier.issn2549405
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31140
dc.descriptionLatar Belakang: Layanan bimbingan akademik adalah proses membantu mahasiswa mencapai perkembangan optimal selama menjalani masa pendidikan dan dosen pembimbing akademik (DPA) adalah orang yang bertanggung jawab akan hal tersebut. Pemberian pelayanan yang optimal dengan menerapkan prinsip caring dapat mengantar mahasiswa mencapai kesuksesan yang optimal. Tujuan Penelitian: Mengidentifikasi kebutuhan mahasiswa dalam proses pelaksanaan bimbingan akademik Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi ilmu keperawatan STIKes Sari Mulia dengan jumlah partisipan sebanyak 14 orang yang terdiri dari berbagai semester. Teknik pengambilan sampel menggunakan kouta sampel. Teknik pengambilan data menggunakan kelompok diskusi terarah dengan menggunakan 2 kelompok grup diskusi. Hasil Penelitian: Kebutuhan mahasiswa dalam proses bimbingan akademik yaitu mengetahui identitas diri dosen pembimbing akademiknya, dosen pembimbing akademik dapat mengingat namanya, dosen pembimbing akademik mampu berkomunikasi efektif, dosen pembimbing akademik memiliki sikap empati, dosen pembimbing akademik memberikan dukungan, membantu membuat intervensi/menentukan implementasi, dan dosen pembimbing akademik menyediakan lingkungan aman dan nyaman untuk melakukan bimbingan. Kesimpulan: Kebutuhan mahasiswa dalam pelayanan bimbingan akademik dihasilkan satu tema yaitu bimbingan akademik yang suportif.en_US
dc.description.abstractLatar Belakang: Layanan bimbingan akademik adalah proses membantu mahasiswa mencapai perkembangan optimal selama menjalani masa pendidikan dan dosen pembimbing akademik (DPA) adalah orang yang bertanggung jawab akan hal tersebut. Pemberian pelayanan yang optimal dengan menerapkan prinsip caring dapat mengantar mahasiswa mencapai kesuksesan yang optimal. Tujuan Penelitian: Mengidentifikasi kebutuhan mahasiswa dalam proses pelaksanaan bimbingan akademik Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi ilmu keperawatan STIKes Sari Mulia dengan jumlah partisipan sebanyak 14 orang yang terdiri dari berbagai semester. Teknik pengambilan sampel menggunakan kouta sampel. Teknik pengambilan data menggunakan kelompok diskusi terarah dengan menggunakan 2 kelompok grup diskusi. Hasil Penelitian: Kebutuhan mahasiswa dalam proses bimbingan akademik yaitu mengetahui identitas diri dosen pembimbing akademiknya, dosen pembimbing akademik dapat mengingat namanya, dosen pembimbing akademik mampu berkomunikasi efektif, dosen pembimbing akademik memiliki sikap empati, dosen pembimbing akademik memberikan dukungan, membantu membuat intervensi/menentukan implementasi, dan dosen pembimbing akademik menyediakan lingkungan aman dan nyaman untuk melakukan bimbingan. Kesimpulan: Kebutuhan mahasiswa dalam pelayanan bimbingan akademik dihasilkan satu tema yaitu bimbingan akademik yang suportif.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS SARI MULIAen_US
dc.subjectBimbingan Akademik, Kebutuhan mahasiswa, Caringen_US
dc.titleIDENTIFIKASI KEBUTUHAN MAHASISWA DALAM LAYANAN BIMBINGAN AKADEMIK DI STIKES SARI MULIAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • JURNAL
    Berisi tulisan dosen dalam yang telah dimuat dalam jurnal nasional maupun internasional yang tidak diterbitkan oleh UMY. Diharapkan menambahkan link dari jurnal yang asli dalam diskripsinya.maupun internasional

Show simple item record