Show simple item record

dc.contributor.advisorIman, Marsudi
dc.contributor.authorZAHRA, SRI TAZKIA
dc.date.accessioned2020-01-31T01:43:35Z
dc.date.available2020-01-31T01:43:35Z
dc.date.issued2019-12-11
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31404
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan santri dalam menghafal Al-Qur’an di Maahad Tahfiz Integrasi Madinatul Huffaz Malaysia, mengetahui metode menjaga hafalan Al-Qur’an agar tidak mudah hilang, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses menghafal Al- Qur’an para santri. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi yang digunakan santri dalam menghafal Al-Qur’an di Maahad Tahfiz Integrasi Madinatul Huffaz adalah: pengulangan ayat demi ayat hingga hafal, mendengarkan bacaan Qur’an melalui orang lain atau kaset dengan cara ikut menirukan hingga hafal, menghafal dengan cara memahami terlebih dahulu isi kandungan atau arti dari ayat yang akan dihafal, serta dengan cara menuliskan kata awalan ayat di selembar kertas untuk mempermudah proses menghafal Al-Qur’an. Setelah ayat-ayat Al-Qur’an dihafal, santri wajib menjaga hafalannya dengan cara disetorkan kepada guru Al-Qur’an setiap hari sebanyak 4 halaman. Selanjutnya hasil dari menghafal Al-Qur’an tersebut santri memiliki hafalan sebanyak 30 juz dalam waktu 3 tahun. Faktor pendukung menghafal Al-Qur’an antara lain: niat yang tulus karena Allah, dukungan dari orang tua, lingkungan yang kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: tidak bisa istiqomah dalam menghafal, terkadang masih suka melakukan perbuatan maksiat atau dosa, pengaruh suasana lingkungan yang kurang kondusif untuk melakukan proses menghafal Al-Qur’an.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan santri dalam menghafal Al-Qur’an di Maahad Tahfiz Integrasi Madinatul Huffaz Malaysia, mengetahui metode menjaga hafalan Al-Qur’an agar tidak mudah hilang, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses menghafal Al- Qur’an para santri. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa strategi yang digunakan santri dalam menghafal Al-Qur’an di Maahad Tahfiz Integrasi Madinatul Huffaz adalah: pengulangan ayat demi ayat hingga hafal, mendengarkan bacaan Qur’an melalui orang lain atau kaset dengan cara ikut menirukan hingga hafal, menghafal dengan cara memahami terlebih dahulu isi kandungan atau arti dari ayat yang akan dihafal, serta dengan cara menuliskan kata awalan ayat di selembar kertas untuk mempermudah proses menghafal Al-Qur’an. Setelah ayat-ayat Al-Qur’an dihafal, santri wajib menjaga hafalannya dengan cara disetorkan kepada guru Al-Qur’an setiap hari sebanyak 4 halaman. Selanjutnya hasil dari menghafal Al-Qur’an tersebut santri memiliki hafalan sebanyak 30 juz dalam waktu 3 tahun. Faktor pendukung menghafal Al-Qur’an antara lain: niat yang tulus karena Allah, dukungan dari orang tua, lingkungan yang kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: tidak bisa istiqomah dalam menghafal, terkadang masih suka melakukan perbuatan maksiat atau dosa, pengaruh suasana lingkungan yang kurang kondusif untuk melakukan proses menghafal Al-Qur’an.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectstrategi, santri, menghafal Al-Qur’an.en_US
dc.titleSTRATEGI MENGHAFAL AL-QUR’AN BAGI SANTRI DI MAAHAD TAHFIZ INTEGRASI MADINATUL HUFFAZ MALAYSIAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 384en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record