Show simple item record

dc.contributor.authorRukmi, Retno Ambar
dc.date.accessioned2020-02-04T03:44:21Z
dc.date.available2020-02-04T03:44:21Z
dc.date.issued2019-11-01
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31455
dc.descriptionLatarbelakang: Rumah sakit memiliki sistem pembayaran melalui tarif INA CBGs oleh BPJS Kesehatan yang didalamnya terdapat permasalahan yang sering muncul terkait dengan klaim BPJS. Diketahui dari hasil wawancara bahwa Rumah Sakit Muhammadiyah Gamping memiliki beberapa permasalahan pembayaran BPJS terutama adanya selisih pembayaran dari pihak BPJS. Tujuan: Untuk menetahui pelaksanaan klaim badan penyelenggara jaminan sosial pasien rawat jalan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping. Metode: Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data dengan kuisioner dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah pada Juni hingga September 2016. Subyek dalam penelitian ini adalah para profesional yang bekerja di rumah sakit yaitu direktur keuangan, kepala rekam medis, verifikator BPJS yang ada di rumah sakit, dan beberapa dokter spesialis. Hasil dan diskusi:. Prosedur klaim BPJS yang berupa melakukan verifikasi administrasi, verifikasi pelayanan dan verifikasi software INA CBG’s telah dilakukan oleh pihak rumah sakit sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun masih didapatkan beberapa kendala yaitu berupa terdapatnya perbedaan diagnosis antara pihak rumah sakit dengan verifikator, ketidaktelitian bagian pendaftaran dalam melakukan seleksi pasien yang akan masuk, dan ketidaklengkapan berkas yang diisi oleh dokter spesialis. Kesimpulan: Permasalahan utama yang terjadi terkait keterlambatan pencairan klaim BPJS di Runah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping adalah adanya ketidaklengkapan berkas.en_US
dc.description.abstractBackground: The hospital have a payment system through the INA CBGs tarif by BPJS Kesehatan in which in there are problems after appear related to BPJS claim. Based on the interviews from the director of PKU Muhammadiyah Hospital Gamping there is some problem about the payment, especially there are different in payment from BPJS. Purpose: To find out the implementation of claims for social security administrators in outpatients at PKU Muhammadiyah Hospital Gamping. Method: In this study using a qualitatife deskriptiv method with a case study approach. Methods of collecting the data with questionnaires and interviews. This study at PKU Muhammadiyah Hospital Gamping at June until September 2016. The subjects of the research are the finance director, head of medical reload, the verificator of BPJS in hospital and some of specialist doctor. Results and discussion: The claim procedure of BPJS which administration verification based on the rule of BPJS. But there is some problem like diferent diagnosed between hospital and BPJS verification, registration mistake, and incomplete data the specialist doctor. Conclusion : The delayed payment from BPJS at PKU hospital have become the most problem because of incomplete data.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMAGISTER ADMINISTRASI RUMAH SAKIT PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectBPJS kesehatanen_US
dc.subjectVerificationen_US
dc.titleEVALUASI PELAKSANAAN KLAIM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GAMPINGen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record