Show simple item record

dc.contributor.authorRIFAI, MUHAMMAD BAKHTIAR
dc.date.accessioned2020-02-05T01:48:29Z
dc.date.available2020-02-05T01:48:29Z
dc.date.issued2019-12-27
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31470
dc.descriptionLatar Belakang: Sebagian besar peserta Klinik Pratama Nailusyifa merupakan peserta perpindahan. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk dan proses layanan kesehatan terhadap perpindahan kepesertaan BPJS Kesehatan. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian mix methode dengan pendekatan cross sectional dan analisa deskriptif loyalitas terhadap karakteristik responden. Populasi adalah seluruh peserta yang berkunjung dan menggunakan BPJS Kesehatan. Jumlah sampel 100 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dan pembahasan: Variabel produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien dalam BPJS Kesehatan, dengan nilai koefisien regresi bertanda positif, serta uji t dengan nilai signifikansi 0,003 lebih kecil dari 0,05 dan nilai thitung (3,072) > ttabel (1,66). Variabel proses berpengaruh positif terhadap loyalitas pasien BPJS Kesehatan secara signifikan, dengan nilai koefisien regresi bertanda positif, serta uji t dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan nilai thitung (5,216) > ttabel (1,66). Karakteristik peserta paling loyal adalah laki-laki dengan pendidikan tinggi bekerja sebagai ii PNS/TNI/POLRI berusia lebih dari 40 tahun dan berpenghasilan lebih dari dua juta rupiah. Perempuan dengan pendidikan rendah bekerja sebagai ibu rumah tangga berusia antara 25 sampai 30 tahun dan berpenghasilan kurang dari satu juta rupiah memiliki loyalitas terendah dibanding yang lain. Kesimpulan: Kedua variabel independen yaitu produk dan proses berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien, dengan melihat besarnya pengaruh kedua variabel independen tersebut terhadap variabel dependen, bisa dikatakan terciptanya loyalitas pasien adalah karena layanan yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan di Klinik Pratama Nailusyifa Bandongan Magelang tergolong baik.en_US
dc.description.abstractLatar Belakang: Sebagian besar peserta Klinik Pratama Nailusyifa merupakan peserta perpindahan. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh produk dan proses layanan kesehatan terhadap perpindahan kepesertaan BPJS Kesehatan. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian mix methode dengan pendekatan cross sectional dan analisa deskriptif loyalitas terhadap karakteristik responden. Populasi adalah seluruh peserta yang berkunjung dan menggunakan BPJS Kesehatan. Jumlah sampel 100 orang. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dan pembahasan: Variabel produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien dalam BPJS Kesehatan, dengan nilai koefisien regresi bertanda positif, serta uji t dengan nilai signifikansi 0,003 lebih kecil dari 0,05 dan nilai thitung (3,072) > ttabel (1,66). Variabel proses berpengaruh positif terhadap loyalitas pasien BPJS Kesehatan secara signifikan, dengan nilai koefisien regresi bertanda positif, serta uji t dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 dan nilai thitung (5,216) > ttabel (1,66). Karakteristik peserta paling loyal adalah laki-laki dengan pendidikan tinggi bekerja sebagai ii PNS/TNI/POLRI berusia lebih dari 40 tahun dan berpenghasilan lebih dari dua juta rupiah. Perempuan dengan pendidikan rendah bekerja sebagai ibu rumah tangga berusia antara 25 sampai 30 tahun dan berpenghasilan kurang dari satu juta rupiah memiliki loyalitas terendah dibanding yang lain. Kesimpulan: Kedua variabel independen yaitu produk dan proses berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien, dengan melihat besarnya pengaruh kedua variabel independen tersebut terhadap variabel dependen, bisa dikatakan terciptanya loyalitas pasien adalah karena layanan yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan di Klinik Pratama Nailusyifa Bandongan Magelang tergolong baik.en_US
dc.publisherMAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectproduk, proses, layanan kesehatan, BPJS Kesehatanen_US
dc.titlePENGARUH PRODUK DAN PROSES LAYANAN KESEHATAN TERHADAP LOYALITAS PESERTA BPJS KESEHATAN DI KLINIK PRATAMA AISYIYAH NAILUSYIFA BANDONGANen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record