Show simple item record

dc.contributor.authorISMAIL, GHOFFAR
dc.contributor.authorNURWANTO, NURWANTO
dc.date.accessioned2016-09-28T01:41:46Z
dc.date.available2016-09-28T01:41:46Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/3153
dc.descriptionTujuan penelitian ini adalah ingin menguraikan nilai-nilai Hak Asasi Manusia (HAM) yang termuat dalam materi Penddidikan Agama Islam (PAI) pada SMA Yogyakarta, yakni: SMA Negeri 1 dan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dan mengungkap aspek pemaknaan, pendalaman dan pengembangan materi PAI yang berwawasan hak-hak asasi manusia yang sangat mungkin dilakukan. Penelitian menggunakan jenis penelitian pengembangan (Reserach and Development) yang akan menghasilkan produk berupa rancangan pengembangan materi PAI berwawasan HAM di tingkat SMA. Penelitian diawali dengan tahap analisis deskriptif-kualitatif yang dimulai dengan kajian atas pernyataan-pernyataan tekstual dan maknanya (content analysis) dari suatu materi atau bahan ajar yang digunakan guru. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa nilai-nilai HAM yang terdapat dalam materi agama Islam meliputi; 1) hak persamaan dan kebebasan; 2) hak perlindungan diri; 3) hak kehormatan pribadi; 4) hak berkeluarga; 5) hak mendapatkan pendidikan; 6) hak kebebasan berpendapat; 7) hak kebebasan beragama; dan 8) hak memperoleh perlakuan sama. Sementara pemaknaan, pendalaman dan pengembangan materi PAI harus dilakukan oleh pihak yang berkepentingan, seperti pemerintah, Muhammadiyah, pemerhati pendidikan dan para guru dengan pendekatan berdasarkan materi. Beberapa isi materi perlu diperkaya dengan uraian dan contoh yang berkaitan dengan standar kompetensi pada permendiknas dan isu HAM.en_US
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah ingin menguraikan nilai-nilai Hak Asasi Manusia (HAM) yang termuat dalam materi Penddidikan Agama Islam (PAI) pada SMA Yogyakarta, yakni: SMA Negeri 1 dan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dan mengungkap aspek pemaknaan, pendalaman dan pengembangan materi PAI yang berwawasan hak-hak asasi manusia yang sangat mungkin dilakukan. Penelitian menggunakan jenis penelitian pengembangan (Reserach and Development) yang akan menghasilkan produk berupa rancangan pengembangan materi PAI berwawasan HAM di tingkat SMA. Penelitian diawali dengan tahap analisis deskriptif-kualitatif yang dimulai dengan kajian atas pernyataan-pernyataan tekstual dan maknanya (content analysis) dari suatu materi atau bahan ajar yang digunakan guru. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa nilai-nilai HAM yang terdapat dalam materi agama Islam meliputi; 1) hak persamaan dan kebebasan; 2) hak perlindungan diri; 3) hak kehormatan pribadi; 4) hak berkeluarga; 5) hak mendapatkan pendidikan; 6) hak kebebasan berpendapat; 7) hak kebebasan beragama; dan 8) hak memperoleh perlakuan sama. Sementara pemaknaan, pendalaman dan pengembangan materi PAI harus dilakukan oleh pihak yang berkepentingan, seperti pemerintah, Muhammadiyah, pemerhati pendidikan dan para guru dengan pendekatan berdasarkan materi. Beberapa isi materi perlu diperkaya dengan uraian dan contoh yang berkaitan dengan standar kompetensi pada permendiknas dan isu HAM.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectMATERI AGAMA ISLAM, HAK ASASI MANUSIA SMA MUHAMMADIYAH 1 DI YOGYAKARTAen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MATERI AGAMA ISLAM BERWAWASAN HAK ASASI MANUSIA (STUDI KASUS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 DAN SMA MUHAMMADIYAH 1 DI YOGYAKARTA)en_US
dc.typeWorking Paperen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • JURNAL
    Berisi tulisan dosen dalam yang telah dimuat dalam jurnal nasional maupun internasional yang tidak diterbitkan oleh UMY. Diharapkan menambahkan link dari jurnal yang asli dalam diskripsinya.maupun internasional

Show simple item record