Show simple item record

dc.contributor.advisorMAKRUFI, ANISA DWI
dc.contributor.authorKRISMONADI, FANI
dc.date.accessioned2020-02-21T03:23:46Z
dc.date.available2020-02-21T03:23:46Z
dc.date.issued2020-01-13
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31910
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis program pendidikan karakter di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini diambil dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru bimbingan konseling, guru ismuba. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, menyimpulkan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Evaluasi context program meliputi dasar hukum program yaitu permendikbud, analisis kebutuhan program dengan kebutuhan sekolah, latar belakang program sesuai dengan visi dan misi, tujuan program terkait pembentukan karakter yang baik, relevansi program dengan kurikulum 2013, (2) Evaluasi input program meliputi penyelenggara program yaitu guru, peserta program yaitu siswa dan macam-macam program yakni karakter religius, karakter kebangsaan, karakter kebudayaan, karakter kewirausahaan, serta sarana dan prasarana program, (3) Evaluasi process program meliputi (a) jadwal pelaksanaan program yaitu setiap hari (b) kinerja penyelenggara pelaksanaan program terdapat kekurangan yaitu tidak ada tindak lanjut (c) aktivitas peserta program tergolong baik (d) evaluasi program evaluasi disampaikan secara lisan pada saat rapat namun belum ada evaluasi berbentuk laporan secara formal, (4) evaluasi product yang meliputi penguasaan materi yang baik, kelulusan peserta program yang ditinjau dari keikutsertaan peserta dalam mengikuti program.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis program pendidikan karakter di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini diambil dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru bimbingan konseling, guru ismuba. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, menyimpulkan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Evaluasi context program meliputi dasar hukum program yaitu permendikbud, analisis kebutuhan program dengan kebutuhan sekolah, latar belakang program sesuai dengan visi dan misi, tujuan program terkait pembentukan karakter yang baik, relevansi program dengan kurikulum 2013, (2) Evaluasi input program meliputi penyelenggara program yaitu guru, peserta program yaitu siswa dan macam-macam program yakni karakter religius, karakter kebangsaan, karakter kebudayaan, karakter kewirausahaan, serta sarana dan prasarana program, (3) Evaluasi process program meliputi (a) jadwal pelaksanaan program yaitu setiap hari (b) kinerja penyelenggara pelaksanaan program terdapat kekurangan yaitu tidak ada tindak lanjut (c) aktivitas peserta program tergolong baik (d) evaluasi program evaluasi disampaikan secara lisan pada saat rapat namun belum ada evaluasi berbentuk laporan secara formal, (4) evaluasi product yang meliputi penguasaan materi yang baik, kelulusan peserta program yang ditinjau dari keikutsertaan peserta dalam mengikuti program.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectEvaluasi Program, Pendidikan Karakteren_US
dc.titleEVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 387en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record