dc.contributor.advisor | MAKRUFI, ANISA DWI | |
dc.contributor.author | KRISMONADI, FANI | |
dc.date.accessioned | 2020-02-21T03:23:46Z | |
dc.date.available | 2020-02-21T03:23:46Z | |
dc.date.issued | 2020-01-13 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31910 | |
dc.description | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program pendidikan karakter
di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini diambil dari kepala sekolah, wakil
kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru
bimbingan konseling, guru ismuba. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data,
menyimpulkan dan verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Evaluasi context program
meliputi dasar hukum program yaitu permendikbud, analisis kebutuhan program
dengan kebutuhan sekolah, latar belakang program sesuai dengan visi dan misi,
tujuan program terkait pembentukan karakter yang baik, relevansi program
dengan kurikulum 2013, (2) Evaluasi input program meliputi penyelenggara
program yaitu guru, peserta program yaitu siswa dan macam-macam program
yakni karakter religius, karakter kebangsaan, karakter kebudayaan, karakter
kewirausahaan, serta sarana dan prasarana program, (3) Evaluasi process program
meliputi (a) jadwal pelaksanaan program yaitu setiap hari (b) kinerja
penyelenggara pelaksanaan program terdapat kekurangan yaitu tidak ada tindak
lanjut (c) aktivitas peserta program tergolong baik (d) evaluasi program evaluasi
disampaikan secara lisan pada saat rapat namun belum ada evaluasi berbentuk
laporan secara formal, (4) evaluasi product yang meliputi penguasaan materi yang
baik, kelulusan peserta program yang ditinjau dari keikutsertaan peserta dalam
mengikuti program. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program pendidikan karakter
di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini diambil dari kepala sekolah, wakil
kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru
bimbingan konseling, guru ismuba. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini dengan cara melakukan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data,
menyimpulkan dan verifikasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Evaluasi context program
meliputi dasar hukum program yaitu permendikbud, analisis kebutuhan program
dengan kebutuhan sekolah, latar belakang program sesuai dengan visi dan misi,
tujuan program terkait pembentukan karakter yang baik, relevansi program
dengan kurikulum 2013, (2) Evaluasi input program meliputi penyelenggara
program yaitu guru, peserta program yaitu siswa dan macam-macam program
yakni karakter religius, karakter kebangsaan, karakter kebudayaan, karakter
kewirausahaan, serta sarana dan prasarana program, (3) Evaluasi process program
meliputi (a) jadwal pelaksanaan program yaitu setiap hari (b) kinerja
penyelenggara pelaksanaan program terdapat kekurangan yaitu tidak ada tindak
lanjut (c) aktivitas peserta program tergolong baik (d) evaluasi program evaluasi
disampaikan secara lisan pada saat rapat namun belum ada evaluasi berbentuk
laporan secara formal, (4) evaluasi product yang meliputi penguasaan materi yang
baik, kelulusan peserta program yang ditinjau dari keikutsertaan peserta dalam
mengikuti program. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Evaluasi Program, Pendidikan Karakter | en_US |
dc.title | EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis SKR FAI 387 | en_US |