Show simple item record

dc.contributor.advisorSHODIQ, SADAM FAJAR
dc.contributor.authorSARI, TRISKA CANDRA
dc.date.accessioned2020-02-22T02:03:34Z
dc.date.available2020-02-22T02:03:34Z
dc.date.issued2019-11-11
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/31933
dc.descriptionMasalah penelitian yaitu rendahnya peran lingkungan sekolah dalam peningkatan kecerdasan spiritual peserta didik muslim di SMP Nonmuslim Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis lingkungan sekolah di SMP Nonmuslim Purworejo, 2) Menganalisis tingkat kecerdasan spiritual peserta didik muslim di SMP Nonmuslim Purworejo, 3) Menganalisis seberapa besar pengaruh lingkungan sekolah terhadap kecerdasan spiritual peserta didik muslim di SMP Nonmuslim Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausal dengan jenis penelitian yaitu penelitian survei. Populasi penelitian adalah seluruh siswa muslim di SMP Nonmuslim Purworejo sebanyak 51 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling jenuh artinya semua populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian diuji menggunaakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji deskriptif dan uji regresi linier sederhana. Kesimpulan dari penelitian yaitu 1) Lingkungan sekolah masuk dalam kategori sedang, dengan persentase 66,7%, aspek lingkungan sekolah yang paling tinggi yaitu disiplin sekolah dan hubungan siswa dengan siswa persentase sebesar 21%. Terlihat dari setiap sekolah sudah berusaha mengadakan pendalam iman atau pelajaran PAI, penyediaan buku keislaman, membangun komunikasi aktif kepada siswa, antar siswa juga tumbuh rasa toleransi yang dibangun baik, 2) Kecerdasan spiritual peserta muslim di SMP Nonmuslim Purworejo dikategorikan sedang dengan persentase sebesar 51,1% dan aspek kecerrdasan spiritual yang tinggi yaitu aspek sosial 26%, 3) Terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap kecerdasan spiritual peserta didik muslim di SMP nonmuslim Purworejo. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji hipotesis uji hipotesis menunjukan thitung > t tabel dengan hasi 4,258 > 2,010. Nilai R square yaitu 0,270 atau 27% artinya lingkungan sekolah memberikan 27% untuk kecerdasan spiriual peserta didik muslim di SMP Nonmuslim Purworejo.en_US
dc.description.abstractMasalah penelitian yaitu rendahnya peran lingkungan sekolah dalam peningkatan kecerdasan spiritual peserta didik muslim di SMP Nonmuslim Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis lingkungan sekolah di SMP Nonmuslim Purworejo, 2) Menganalisis tingkat kecerdasan spiritual peserta didik muslim di SMP Nonmuslim Purworejo, 3) Menganalisis seberapa besar pengaruh lingkungan sekolah terhadap kecerdasan spiritual peserta didik muslim di SMP Nonmuslim Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausal dengan jenis penelitian yaitu penelitian survei. Populasi penelitian adalah seluruh siswa muslim di SMP Nonmuslim Purworejo sebanyak 51 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling jenuh artinya semua populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian diuji menggunaakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji deskriptif dan uji regresi linier sederhana. Kesimpulan dari penelitian yaitu 1) Lingkungan sekolah masuk dalam kategori sedang, dengan persentase 66,7%, aspek lingkungan sekolah yang paling tinggi yaitu disiplin sekolah dan hubungan siswa dengan siswa persentase sebesar 21%. Terlihat dari setiap sekolah sudah berusaha mengadakan pendalam iman atau pelajaran PAI, penyediaan buku keislaman, membangun komunikasi aktif kepada siswa, antar siswa juga tumbuh rasa toleransi yang dibangun baik, 2) Kecerdasan spiritual peserta muslim di SMP Nonmuslim Purworejo dikategorikan sedang dengan persentase sebesar 51,1% dan aspek kecerrdasan spiritual yang tinggi yaitu aspek sosial 26%, 3) Terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap kecerdasan spiritual peserta didik muslim di SMP nonmuslim Purworejo. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji hipotesis uji hipotesis menunjukan thitung > t tabel dengan hasi 4,258 > 2,010. Nilai R square yaitu 0,270 atau 27% artinya lingkungan sekolah memberikan 27% untuk kecerdasan spiriual peserta didik muslim di SMP Nonmuslim Purworejo.en_US
dc.publisherFAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectingkungan sekolah, kecerdasan spiritual, peserta didik muslim, nonmuslimen_US
dc.titlePENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL PESERTA DIDIK MUSLIM DI SMP NONMUSLIM PURWOREJOen_US
dc.typeThesis SKR FAI 449en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record