Show simple item record

dc.contributor.authorQOHA, WAKHIDUL
dc.date.accessioned2020-02-28T02:08:28Z
dc.date.available2020-02-28T02:08:28Z
dc.date.issued2020-01-06
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32093
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk menengetahui (a) Efektifitas Menulis Buku Harian dalam meningkatkan pemahaman pola kalimat bahasa Jepang siswa diklat angkatan 99 LPK Globalindo Yogyakarta; (b) respon siswa diklat angkatan 99 terhadap penggunaan buku harian sebagai teknik pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa diklat Globalindo Yogyakarta. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa diklat baru yang baru mempelajari bahasa Jepang, yaitu siswa diklat angkatan 99 sebagai kelas eksperimen sebanyak 8 orang dan siswa diklat angkatan 100 sebagai kelas kontrol sebanyak 8 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes dan angket. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggukanan independent sample ttest diperoleh nilai thitung sebesar 3,396. Setelah dibandingkan dengan ttabel dengan db = 8 dan taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 2,306 sehingga thitung lebih besar dari ttabel (3,396 > 2,306). Maka dapat disimpulkan bahwa pada hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan. Kemudian, berdasarkan hasil uji kriteria keefektifan dengan menggunakan Normalized gain diperoleh nilai normalized gain kelas eksperimen (Ngain1) adalah 0,45. Sedangkan nilai normalized gain kelas kontrol (Ngain2) adalah 0,87. Sehingga Ngain1 lebih kecil dari pada dari Ngain2. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis yang berbunyi “pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang dengan teknik menulis buku harian efektif dalam meningkatkan pemahaman pola kalimat bahasa Jepang siswa diklat angkatan 99 LPK Globalindo Yogyakarta tahun 2019” ditolak. Sedangkan berdasarkan hasil analisis angket, sebagian besar siswa beranggapan bahwa menulis buku harian mempunyai banyak kelebihan salah satunya dapat membantu mendorong lebih aktif untuk belajar bahasa Jepangen_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menengetahui (a) Efektifitas Menulis Buku Harian dalam meningkatkan pemahaman pola kalimat bahasa Jepang siswa diklat angkatan 99 LPK Globalindo Yogyakarta; (b) respon siswa diklat angkatan 99 terhadap penggunaan buku harian sebagai teknik pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa diklat Globalindo Yogyakarta. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa diklat baru yang baru mempelajari bahasa Jepang, yaitu siswa diklat angkatan 99 sebagai kelas eksperimen sebanyak 8 orang dan siswa diklat angkatan 100 sebagai kelas kontrol sebanyak 8 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan tes dan angket. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggukanan independent sample ttest diperoleh nilai thitung sebesar 3,396. Setelah dibandingkan dengan ttabel dengan db = 8 dan taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 2,306 sehingga thitung lebih besar dari ttabel (3,396 > 2,306). Maka dapat disimpulkan bahwa pada hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan. Kemudian, berdasarkan hasil uji kriteria keefektifan dengan menggunakan Normalized gain diperoleh nilai normalized gain kelas eksperimen (Ngain1) adalah 0,45. Sedangkan nilai normalized gain kelas kontrol (Ngain2) adalah 0,87. Sehingga Ngain1 lebih kecil dari pada dari Ngain2. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis yang berbunyi “pembelajaran pola kalimat bahasa Jepang dengan teknik menulis buku harian efektif dalam meningkatkan pemahaman pola kalimat bahasa Jepang siswa diklat angkatan 99 LPK Globalindo Yogyakarta tahun 2019” ditolak. Sedangkan berdasarkan hasil analisis angket, sebagian besar siswa beranggapan bahwa menulis buku harian mempunyai banyak kelebihan salah satunya dapat membantu mendorong lebih aktif untuk belajar bahasa Jepangen_US
dc.publisherFPB UMYen_US
dc.subjectEFEKTIVITASen_US
dc.subjectBUKU HARIANen_US
dc.subjectPOLA KALIMATen_US
dc.subjectBAHASA JEPANGen_US
dc.titleEFEKTIVITAS TEKNIK PEMBELAJARAN PEMAHAMAN POLA KALIMAT BAHASA JEPANG MELAUI METODE PENULISAN BUKU HARIANen_US
dc.typeThesis SKR FPB 143en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record