Show simple item record

dc.contributor.advisorATMOJO, MUHAMMAD EKO
dc.contributor.authorGUNAWAN, ADHI
dc.date.accessioned2020-03-05T03:09:17Z
dc.date.available2020-03-05T03:09:17Z
dc.date.issued2020-01-07
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32338
dc.descriptionPerkembangan teknologi yang terjadi diberbagai belahan dunia semakin membantu kegiatan manusia diberbagai bidang kehidupan. Teknpologi juga mempermudah pekerjaan manusia. Yaitu kemudahan dalam memperolehinformasi serta kemudahan dalam mengolah informasi dan termasuk mendukung pengolahan data yang ada di organisasi public. Salah satu penerapan teknologi informasi yang dilakukan oleh instansi pemerintah adalah sistem informasi dalam pengolaan data kependudukan yang dimulai dari tingkat desa/kelurahan hingga tingkat kabupaten. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui evaluasi sistem informasi administrasi kependudukan dalam meningkatkan pelayanan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul pada tahun 2017-2018. Jenis penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan verifikasi (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul pada tahun 2017-2018 secara keseluruhan sudah baik. Pada dimensi kualitas sistem (information quality), penggunaan (use), kepuasan pengguna (user satisfaction), manfaat bersih (net benefit) sudah baik, namun dalam dimensi kualitas informasi (system quality), kualitas pelayanan (service quality) masih kurang baik. penelti menyarankan untuk memperbaiki jaringan dari pusat agar tidak mengalami gangguan, supaya kegiatan pendaftaran kependudukan dan pencatatan sipil mulai dari kelurahan, kecamatan, kabupaten dan sampai ke pusat berjalan lancar dan cepat agar sesuai dengan ketentuan yang ada. Kemudian untuk penerbitan e-KTP, akta keluarga, akta kematian, dan kartu keluarga dilakukan dengan respon yang cepat dari petugas dan teliti agar tidak terjadi keterlambatan penerbitan.en_US
dc.description.abstractPerkembangan teknologi yang terjadi diberbagai belahan dunia semakin membantu kegiatan manusia diberbagai bidang kehidupan. Teknpologi juga mempermudah pekerjaan manusia. Yaitu kemudahan dalam memperolehinformasi serta kemudahan dalam mengolah informasi dan termasuk mendukung pengolahan data yang ada di organisasi public. Salah satu penerapan teknologi informasi yang dilakukan oleh instansi pemerintah adalah sistem informasi dalam pengolaan data kependudukan yang dimulai dari tingkat desa/kelurahan hingga tingkat kabupaten. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui evaluasi sistem informasi administrasi kependudukan dalam meningkatkan pelayanan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul pada tahun 2017-2018. Jenis penelitian yang dipakai adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan verifikasi (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul pada tahun 2017-2018 secara keseluruhan sudah baik. Pada dimensi kualitas sistem (information quality), penggunaan (use), kepuasan pengguna (user satisfaction), manfaat bersih (net benefit) sudah baik, namun dalam dimensi kualitas informasi (system quality), kualitas pelayanan (service quality) masih kurang baik. penelti menyarankan untuk memperbaiki jaringan dari pusat agar tidak mengalami gangguan, supaya kegiatan pendaftaran kependudukan dan pencatatan sipil mulai dari kelurahan, kecamatan, kabupaten dan sampai ke pusat berjalan lancar dan cepat agar sesuai dengan ketentuan yang ada. Kemudian untuk penerbitan e-KTP, akta keluarga, akta kematian, dan kartu keluarga dilakukan dengan respon yang cepat dari petugas dan teliti agar tidak terjadi keterlambatan penerbitan.en_US
dc.publisherFAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectevaluasi, pelayanan, sistem informasi administrasi kependudukanen_US
dc.titleEVALUASI SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (SIAK) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN MASYARAKAT (DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BANTUL TAHUN 2018)en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 06en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record