Show simple item record

dc.contributor.authorATMOJO, BAYU SETO RINDI
dc.date.accessioned2020-03-05T06:40:58Z
dc.date.available2020-03-05T06:40:58Z
dc.date.issued2020-02-22
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32359
dc.descriptionLatar Belakang : Kasus Bullying di sekolah semakin lama menjadi fenomena yang menyebar di dunia dan memiliki dampak negatif terhadap atmosfer sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang baik tanpa rasa takut.Lembaga pendidikan bertugas dalam menciptakan dan menjamin suasana belajar yang kondusif dan aman sehingga siswa merasa senang dan nyamaan saat berada di sekolah. Hal ini dapat didukung dengan guru yang memiliki pengetahuan, sikap dan self efficacy baik terhadap kasus bullying. Tujuan : Mengetahui kefektifan pendidikan anti bullying terhadap pengetahuan, sikap,dan Self-efficacy Guru di SMP Negeri 11 Yogyakarta. Metode : Metode menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 23 guru di SMP Negeri 11 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling sebanyak 23 guru dan menggunakan uji paired t test. Hasil : Pengetahuan sebelum diberikan intervensi rata-rata responden dalam kategori cukup, sikap cukup baik dan self efficacy dengan kategori kurang baik. Pengetahuan setelah diberikan intervensi sebagian besar dalam kategori baik, sikap baik dan self efficacy baik. Hasil effect size menunjukkan bahwa pendidikan anti bullying lebih berpengaruh dalam meningkatkan tingkat selfefficacy dengan hasil 1.43 dibandingkan sikap dengan hasil 1.13.dan pengetahuan, dengan sikap lebih besar dari pengetahuan dengan hasil 0.89 Kesimpulan : Pendidikan anti bullying efektif terhadap pengetahuan, sikap, dan self efficacy guru di SMP Negeri 11 Yogyakarta. hasil effect size menunjukkan bahwa pendidikan anti bullying memiliki effectivitas yang kuat dalam meningkatkan self efficacy pada guru dengan dan pendidikan anti bullying memiliki effectivitas yang kuat dalam meningkatkan sikap pada guruen_US
dc.description.abstractBackground: The case of bullying in schools has increasingly become a phenomenon that is spreading in the world and has a negative impact on the school atmosphere in creating a good learning environment without fear. Educational institutions have the task of creating and guaranteeing a conducive and safe learning atmosphere so that students feel happy and at ease while at school. This can be supported by teachers who have good knowledge, attitudes and self-efficacy towards bullying cases. Objective: To find out the effectiveness of anti-bullying education on teacher's knowledge, attitudes and self-efficacy atJunior High School of 11 Yogyakarta. Method: The method used a quasi-experimental approach. The population in this study amounted to 23 teachers at junior High School of 11 Yogyakarta. The sampling technique in this study was a total sampling of 23 teachers and using paired t test. Results: Knowledge prior to the intervention of the average respondent was in the good category, good enough attitude and self-efficacy with the less good category. Knowledge after being given an intervention is mostly in the good category, being good and good self efficacy. The statistic test shows that anti-bullying education is effective on the knowledge, attitudes and selfefficacy of teachers at junior High School of 11 Yogyakarta. Conclusion: Anti-bullying education is effective on the knowledge, attitudes, and self-efficacy of teachers atJunior High School of 11 Yogyakarta.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMAGISTER KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectAnti-Bullying Educationen_US
dc.subjectKnowledgeen_US
dc.subjectAttitudeen_US
dc.subjectSelf-Efficacyen_US
dc.titleKEEFEKTIFAN PENDIDIKAN ANTI BULLYING TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN EFIKASI DIRI PADA GURU DI SMP NEGERI 11 YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record