dc.contributor.author | ATMOJO, BAYU SETO RINDI | |
dc.date.accessioned | 2020-03-05T06:40:58Z | |
dc.date.available | 2020-03-05T06:40:58Z | |
dc.date.issued | 2020-02-22 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32359 | |
dc.description | Latar Belakang : Kasus Bullying di sekolah semakin lama menjadi
fenomena yang menyebar di dunia dan memiliki dampak negatif terhadap
atmosfer sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang baik tanpa rasa
takut.Lembaga pendidikan bertugas dalam menciptakan dan menjamin
suasana belajar yang kondusif dan aman sehingga siswa merasa senang dan
nyamaan saat berada di sekolah. Hal ini dapat didukung dengan guru yang
memiliki pengetahuan, sikap dan self efficacy baik terhadap kasus bullying.
Tujuan : Mengetahui kefektifan pendidikan anti bullying terhadap
pengetahuan, sikap,dan Self-efficacy Guru di SMP Negeri 11 Yogyakarta.
Metode : Metode menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi
experiment. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 23 guru di SMP Negeri
11 Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total
sampling sebanyak 23 guru dan menggunakan uji paired t test.
Hasil : Pengetahuan sebelum diberikan intervensi rata-rata responden dalam
kategori cukup, sikap cukup baik dan self efficacy dengan kategori kurang
baik. Pengetahuan setelah diberikan intervensi sebagian besar dalam kategori
baik, sikap baik dan self efficacy baik. Hasil effect size menunjukkan bahwa
pendidikan anti bullying lebih berpengaruh dalam meningkatkan tingkat selfefficacy
dengan hasil 1.43 dibandingkan sikap dengan hasil 1.13.dan
pengetahuan, dengan sikap lebih besar dari pengetahuan dengan hasil 0.89
Kesimpulan : Pendidikan anti bullying efektif terhadap pengetahuan, sikap,
dan self efficacy guru di SMP Negeri 11 Yogyakarta. hasil effect size
menunjukkan bahwa pendidikan anti bullying memiliki effectivitas yang kuat
dalam meningkatkan self efficacy pada guru dengan dan pendidikan anti
bullying memiliki effectivitas yang kuat dalam meningkatkan sikap pada
guru | en_US |
dc.description.abstract | Background: The case of bullying in schools has increasingly become a
phenomenon that is spreading in the world and has a negative impact on the
school atmosphere in creating a good learning environment without fear.
Educational institutions have the task of creating and guaranteeing a
conducive and safe learning atmosphere so that students feel happy and at
ease while at school. This can be supported by teachers who have good
knowledge, attitudes and self-efficacy towards bullying cases.
Objective: To find out the effectiveness of anti-bullying education on
teacher's knowledge, attitudes and self-efficacy atJunior High School of 11
Yogyakarta.
Method: The method used a quasi-experimental approach. The population in
this study amounted to 23 teachers at junior High School of 11 Yogyakarta.
The sampling technique in this study was a total sampling of 23 teachers and
using paired t test.
Results: Knowledge prior to the intervention of the average respondent was
in the good category, good enough attitude and self-efficacy with the less
good category. Knowledge after being given an intervention is mostly in the
good category, being good and good self efficacy. The statistic test shows
that anti-bullying education is effective on the knowledge, attitudes and selfefficacy
of teachers at junior High School of 11 Yogyakarta.
Conclusion: Anti-bullying education is effective on the knowledge, attitudes,
and self-efficacy of teachers atJunior High School of 11 Yogyakarta. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | MAGISTER KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Anti-Bullying Education | en_US |
dc.subject | Knowledge | en_US |
dc.subject | Attitude | en_US |
dc.subject | Self-Efficacy | en_US |
dc.title | KEEFEKTIFAN PENDIDIKAN ANTI BULLYING TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN EFIKASI DIRI PADA GURU DI SMP NEGERI 11 YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |