Show simple item record

dc.contributor.authorAL HAYATI, KARLIMA ZAHRAINI
dc.contributor.authorAL-HAMDI, RIDHO
dc.date.accessioned2020-03-31T06:37:27Z
dc.date.available2020-03-31T06:37:27Z
dc.date.issued2019-10-28
dc.identifier.issn0216-4019
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32641
dc.description.abstractDi era modern seperti saat ini, transportasi publik sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama di kota-kota besar. Untuk melihat perkembangan transportasi tersebut, perlu kiranya dilakukan penelitian tentang persepsi para netizen tentang baik dan buruknya pelayanan yang diberikan oleh transportasi publik tersebut. Tujuan penelitian ini adalah menggali persepsi para netizen tentang pelayanan bus Trans Jogja antara 2016 dan 2018. Secara metodologis, artikel ini merupakan hasil penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Bus Trans Jogja adalah kasus yang menjadi fokus penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan studi pustaka sehingga data yang digunakan berasal dari media sosial dan berita di media online. Ada sembilan indikator yang digunakan sebagai alat ukur analisa: biaya, rute, waktu, keselamatan, fasilitas, segi pelayanan, keperluan, keandalan berkendara, dan tingkat polusi. Penelitian ini menggunakan apliaski online wordclouds dan Netvizz guna memperkuat dan mempertajam proses analisa konten penelitian. Hasil penelitian ini pada akhirnya menunjukkan, bahwa dengan menerapkan sembilan indikator tersebut, mayoritas netizen memiliki perspesi negatif terhadap pelayanan Bus Trans Jogja. Hal ini dibuktikan, bahwa para netizen memberikan persepsi negatif pada enam indikator: rute, waktu, keselamatan, segi pelayanan, keandalan, tingkat polusi. Sementara itu, hanya ada tiga indikator yang mendapatkan perspesi positif: biaya, fasilitas, dan keperluan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherLembaga Riset dan Pengkajian Strategi Pemerintahan Kampus IPDN Jatinangoren_US
dc.relation.ispartofseriesJurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja;Vol 45, No. 2
dc.subjectPersepsien_US
dc.subjectNetizenen_US
dc.subjectPelayanan Publiken_US
dc.subjectTransportasien_US
dc.subjectTrans Jogjaen_US
dc.titleTRANSPORTASI PUBLIK DAN MEDIA SOSIAL: PERSEPSI NETIZEN TERHADAP PELAYANAN BUS TRANS JOGJA 2016-2018en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • JURNAL
    Berisi tulisan dosen dalam yang telah dimuat dalam jurnal nasional maupun internasional yang tidak diterbitkan oleh UMY. Diharapkan menambahkan link dari jurnal yang asli dalam diskripsinya.maupun internasional

Show simple item record