MODEL PEMBELAJARAN PAI DI LEMBAGA FILANTROPI PENDIDIKAN: STUDI DI PANTI ASUHAN PUTRA AL-ISLAM YOGYAKARTA
dc.contributor.author | SHODIQ, SADAM FAJAR | |
dc.date.accessioned | 2020-04-18T06:25:33Z | |
dc.date.available | 2020-04-18T06:25:33Z | |
dc.date.issued | 2019-03 | |
dc.identifier.issn | 2549-9505 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/32819 | |
dc.description.abstract | Artikel ini bertujuan untuk: 1) Merumuskan model pembelajaran PAI yang efektif di Lembaga filantropi Pendidikan, 2) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran PAI pada lembaga filantropi pendidikan di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Model penelitian kualitatif ini menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Kesimpulan yang dihasilkan adalah: 1) model pembelajaran PAI di Panti Asuhan Putra Al-Islam Giwangan menggunakan Model George Betts, 2) Faktor pendukung model pembelajaran PAI ada 5: (a) Sistem pembelajaran; (b) Lingkungan, sarana dan prasarana; (c) Strategi Pembelajaran; (d) Metode pembelajaran, dan (e) Media pembelajaran. Sedangkan faktor penghambat ada 3: (a) Ketidaksiapan pendidik dan peserta didik (b) Kurikulum yang tidak dijalankan secara penuh; (c) Terbatasnya jumlah buku pelajaran. | en_US |
dc.publisher | Scientific and Publishing Institute (Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan) Universitas Muhammadiyah Purwokerto | en_US |
dc.subject | Model Pembelajaran | en_US |
dc.subject | PAI | en_US |
dc.subject | Lembaga Filantropi. | en_US |
dc.title | MODEL PEMBELAJARAN PAI DI LEMBAGA FILANTROPI PENDIDIKAN: STUDI DI PANTI ASUHAN PUTRA AL-ISLAM YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Other | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
JURNAL
Berisi tulisan dosen dalam yang telah dimuat dalam jurnal nasional maupun internasional yang tidak diterbitkan oleh UMY. Diharapkan menambahkan link dari jurnal yang asli dalam diskripsinya.maupun internasional