Show simple item record

dc.contributor.authorsuryandari, galuh
dc.contributor.authorSaputri, Nurul Hafidzah Suria
dc.date.accessioned2020-05-15T05:37:17Z
dc.date.available2020-05-15T05:37:17Z
dc.date.issued2017-05-02
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/33533
dc.description.abstractLatar Belakang: Tuntutan penguasaan ilmu biomedis yang lebih dalam dan keterampilan medis dasar menjadi alasan utama perubahan kurikulum kedokteran di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Perubahan besar pada makro, meso dan mikrokurikulum dengan integrasi dan eliminasi topik pembelajaran membawa konsekuensi pada kepuasan dan hasil belajar mahasiswa. Tujuan: Mengetahui hubungan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap Kurikulum 2014 dengan hasil belajar. Metode: Penelitian deskriptif analitik dengan responden berjumlah 184 mahasiswa angkatan 2014 dan 2015. Data primer penelitian berasal menggunakan kuesioner tentang kepuasan yang dibuat oleh peneliti sedangkan data sekunder diambil dari Nilai Indeks Prestasi Tahap dan Nilai Ujian Blok. Hubungan antara kedua variabel kemudian dihitung menggunakan rumus Spearman. Hasil: 62,50% responden cukup puas dengan kurikulum 2014. 57,06% responden memiliki Indeks Prestasi Tahap kategori baik. 70,65% responden memiliki nilai ujian blok yang kurang baik. Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kurikulum 2014 dengan hasil belajar (nilai Indeks Prestasi Tahap 2015(p = 0.053, r = -0203) dan 2014 (p = 0.083, r = 0182); nilai Evaluasi Belajar 2015 (p = 0054, r = -0202) dan 2014 (p = 0164, r = 0146)) Pembahasan : Sebagian besar mahasiswa merasakan kesesuaian antara harapan dan hasil yang ia terima dari kurikulum 2014. Meskipun demikian tingkat kepuasan mahasiswa tidak menentukan hasil belajarnya secara bermakna. Hal tersebut disebabkan adanya kemungkinan pengaruh jadwal yang cukup padat, tingkat kesulitan materi dan faktor dari dalam diri mahasiswa.en_US
dc.publisherJogja Rendezvous for Innovation and Transformation in Medical Educationen_US
dc.subjectEvaluasi Kurikulum Mahasiswaen_US
dc.titleEvaluasi Kurikulum 2014 Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Yogyakarta : Tingkat kepuasan Mahasiswa dan Hasil Belajaren_US
dc.typePresentationen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • CONFERENCE
    Berisi artikel ilmiah (bukan sertifikat) yang ditulis oleh dosen pada acara konferensi baik lokal, nasional maupun internasional dengan penyelenggara dari luar UMY, baik sebagai peserta Call for Paper, presenter, narasumber maupun keynote speaker.

Show simple item record