dc.contributor.advisor | PARWOTO, PARWOTO | |
dc.contributor.advisor | GUNAWAN, BARBARA | |
dc.contributor.author | UTAMI, ANIFAH SYAFITRI | |
dc.date.accessioned | 2020-05-19T02:28:20Z | |
dc.date.available | 2020-05-19T02:28:20Z | |
dc.date.issued | 2020-03-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/33729 | |
dc.description | Efiseiensi merupakan pencapaian input tertentu atau penggunaan input terendah untuk mencapai output yang maksimum. Jadi semakin besar output yang maksimum. Jadi semakin besar output yang dihasilkan melebihi input maka tingkat efisiensinya semakin tinggi. Penelitian ini mengukur efisiensi kinerja pada SD Muhammadiyah se-kabupaten Bantul menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA). Variabel input meliputi jumlah seluruh siswa, jumlah guru, dan jumlah siswa yang mengikuti Ujian Nasional. Variabel outputya yaitu nilai hasi Ujian Nasional. Objek yang digunakan dalam pelitian ini adalah seluruh Sekolah Dasar Muhammadiyah di Bantul dengan kriteria teterakreditasi A.dalam penelitian ini mengambil data dari tahun 2017-2029. Data penelitian yang diambil merupakan data dari tahun 2017-2019 berupa daftar sekolah se-Kabupaten Bantul, jumlah siswa, jumlah guru, siwa yang mengikuti Ujian Nasional dan nila hasil Ujian Nasional.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengukuran efisiensi menggunakan asumsi VRS lebih banyak sekolah yang mendapatkan skor 1 atau efisiensi sempurna daripada pengukuran yang dilakukan dengan asumsi CRS. Selain asumsi yang digunakan skor yang diperoleh juga dipengaruhi oleh asumsin yang digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian ini berimplikasi pada penyelenggaraan pendidikan perbandingan antara jumlah siswa dan jumlah guru menjadi faktor penting dalam penentuan skor. Sebagaimana berdasarkan SNP (Standar Nasional Pendidikan) variabel input sangat menentukan kinerja efisiensi sekolah dasar | en_US |
dc.description.abstract | Efficiency is a specific achievement of input or using the lowest input to obtain maximum output. Therefore, the bigger resulted output excessing the input the highger of the efficiency level. This research measures the performance efficiency of SD (Elementary School) Muhammadiyah in Bantul regency using Data Envelopment Analysis (DEA) with VRS and CRS assumption. The variabel of input in this research include total number of the student, total number of the teacher, total number of the student taking the national examination. Meanwhile, the output variabels in this research are result score of the national examination. The research objects were all accredited-A Muhammadiyah elementary schools in Bantul. The data of the research were taken from 2017-2019 that are the data abaout the list of all accredited-A muhammadiyah elentary school in Bantul with the total number of the student, teacher, student taking the national examination, national exam result score and the accredited of each school.
The result show that the efficiency measurement using VRS assumption reveals more school having efficiency score of 1 or perfect than measurement using CRS assumption. In addition to the assumption, the obtained score is also influenced by the variables of input. the reseacrh results imply on the implementation of education in accordance with the National Education Standards (SNP) stating that the input variabels are comparison between student and teacher wich significantly determine the efficiency performance of elementary schools. | en_US |
dc.publisher | PROGRAM VOKASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Efficiency, Data Envelopment Analysis (DEA), VRS, assumption and CRS assumption, SNP | en_US |
dc.title | ANALISIS PENGUKURAN EFISIENSI KINERJA SD MUHAMMADIYAH DENGAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) | en_US |
dc.title.alternative | (Studi Kasus Pada SD Muhammadiyah Se-Kabupaten Bantul) | en_US |
dc.type | Thesis SKR VOK 18 | en_US |