Show simple item record

dc.contributor.authorKHILMIYAH, AKIF
dc.contributor.authorHAPSARI, TWEDIANA BUDI
dc.date.accessioned2016-09-29T03:07:33Z
dc.date.available2016-09-29T03:07:33Z
dc.date.issued2015-11
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/3474
dc.description.abstractPenelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan pendekatan Social and Emotional Learning (SEL) dalam meningkatkan pembentukan karakter dan akhlak mulia siswa Sekolah Dasar di Propinsi DIY. Guna mencapai tujuan tersebut, penelitian ini akan dilaksanakan dalam tiga tahap selama tiga tahun. Tujuan khusus yang ingin dicapai, yaitu: (1) Memperoleh profil tentang pembelajaran PAI yang dilakukan oleh guru-guru PAI Sekolah Dasar di Propinsi DIY dalam mengembangkan pembentukan karakter dan akhlak mulia siswa sekolah dasar; (2) Menyusun deskripsi kebutuhan tentang pembelajaran PAI di sekolah dasar dalam pembentukan karakter dan akhlak mulia siswa; (3) Mengembangkan rancangan model pembelajaran PAI dengan pendekatan SEL untuk membentuk karakter dan akhlak mulia siswa sekolah dasar; (4) Melaksanakan uji coba dan uji validasi rancangan model pembelajaran PAI dengan pendekatan SEL; (5) Mengembangkan produk model pembelajaran PAI dengan pendekatan SEL dalam pembentukan karakter dan akhlak mulia siswa sekolah dasar; (6) Mengevaluasi terhadap kelebihan dan kelemahan serta efektivitas model pembelajaran PAI dengan pendekatan SEL dalam pembentukan karakter dan akhlak mulia siswa sekolah dasar di Propinsi DIY; (7) Mengembangkan sekolah model yang menerapkan pembelajaran PAI dengan pendekatan SEL sebagai sekolah percontohan; (8) Merumuskan rekomendasi untuk perbaikan kebijakan dalam kurikulum PAI di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) yang dirancang dalam tiga tahapan, yaitu: (1) Studi pendahuluan untuk mengembangkan rancangan model pembelajaran PAI dengan pendekatan SEL untuk membentuk karakter dan akhlak mulia siswa sekolah dasar; (2) Pengembangan untuk menghasilkan model pembelajaran PAI dengan pendekatan SEL; (3) Diseminasi untuk mengimplementasikan efektivitas model pembelajaran tersebut di sekolah dasar. Hasil penelitian pada tahun ketiga ini adalah 1) kemampuan guru PAI dalam menerapkan SEL dalam pembentukan akhlak dan karakter siswa SD ini sudah cukup baik.2) faktor penentu perbedaan guru PAI dalam menerapkan pembelajaran SEL adalah usia, gender, dan lama kerja. sedangkan faktor tingakt pendidikan guru tidak mempengaruhi perbedaan kemampuan dalam penerapan SEL untuk PAI SD, dan 3) panduan praktis model pembelajaran PAI dengan pendekatan SEL untuk guru dalam pembentukan karakter dan akhlak mulia siswa SD dibuat berdasarkan Kompetensi Dasar dan kandungan aspek sosial emosional dalam materi ajar, pembelajarannya menggunakan strategi PAKEM yang menyentuh aspek kecerdasan emosi dan sosial siswa SD.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Yogyakartaen_US
dc.subjectPendidikan karakteren_US
dc.subjectSocial Emotional Learningen_US
dc.subjectAkhlak muliaen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PAI DENGAN PENDEKATAN SOCIAL EMOTIONAL LEARNING (SEL) UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DAN AKHLAK MULIA SISWA SEKOLAH DASAR DI PROPINSI DIYen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • JURNAL
    Berisi tulisan dosen dalam yang telah dimuat dalam jurnal nasional maupun internasional yang tidak diterbitkan oleh UMY. Diharapkan menambahkan link dari jurnal yang asli dalam diskripsinya.maupun internasional

Show simple item record