Show simple item record

dc.contributor.authorSUWARNI, SUWARNI
dc.date.accessioned2020-09-30T05:45:05Z
dc.date.available2020-09-30T05:45:05Z
dc.date.issued2018-12-27
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35484
dc.descriptionAnak adalah investasi masa depan, diharapkan sebagai generasi penerus bangsa merupakan masa yang penting dalam sepanjang rentang kehidupannya. Masa anak adalah masa di mana kualitas pondasi perkembangan individu diletakkan. Namun kenyataan adakalanya perkembangan anak tidak sebagaimana yang diharapkan. Adakalanya lingkungan tidak memberikan situasi yang kondusif bagi tumbuh kembang. Situasi yang tidak kondusif ini tentu sangat dirasakan oleh anak–anak korban Lapindo yang terkena dampak langsung maupun tidak langsung dari bencana lumpur Lapindo di Porong Sidoarjo Jawa Timur. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitan ini: (1) mengetahui pengaruh keharmonisan keluarga korban lumpur Lapindo terhadap psikologis anak, (2) mengetahui pengaruh hubungan sosial kemasyarakatan terhadap perkembangan psikologis anak, (3) mengetahui pengaruh peranan Pemerintah terhadap perkembangan psikologis anak, (4) mengetahui pengaruh kepribadian anak terhadap perkembangan psikologis anak, (5) Mengetahui pengaruh keharmonisan keluarga, hubungan sosial kemasyarakatan, dan peranan Pemerintah terhadap perkembangan psikologis anak korban Lapindo melalui kepribadian anak di Tanggulangin Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan analisis statistik melalui analisis regresi multivariat, juga dilakukan eksplorasi dan narasi pada perkembangan psikologis anak akibat lumpur Lapindo. Perkembangan psikologis anak tersebut dimungkinkan dipengaruhi oleh faktor kepribadian anak, dan faktor keharmonisan keluarga, hubungan sosial kemasyarakatan, dan peranan Pemerintah. Dengan demikian penelitian ini menggunakan mixed methods, yaitu metode kuantitatif digunakan untuk mengukur model dan metode kualitatif yang digunakan untuk mengeksplorasi perkembangan psikologis anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor yang berperan dalam pencapaian perkembangan psikologis anak dampak musibah lumpur, yaitu faktor kepribadian. Kepribadian memiliki kontribusi yang paling besar dan bermakna dalam mencapai perkembangan psikologis anak yaitu sebesar 9, 021 %, (2) kepribadian anak merupakan faktor yang paling banyak berperan dalam perkembangan berpikir, perkembangan kecerdasan, perkembangan bahasa, perkembangan kepribadian, dan perkembangan jiwa agama anak. Anak yang psikologisnya berkembang adalah pembelajar mandiri, kesadaran dan kemampuan belajarnya tinggi sehingga mereka belajar dan berusaha sendiri untuk mencapai prestasi tanpa harus di minta oleh orang lain, (3) peran Pemerintah mempunyai hubungan dengan perkembangan psikologis anak akibat lumpur Lapindo. Psikologis anak meningkat kalau dukungan dari xi Pemerintah baik, sebaliknya semakin berkurang peran Pemerintah maka psikologis anak berkurang.en_US
dc.description.abstractKids are the future investment, is expected as the next generation is an important period in the long life span. Childhood is a period in which the quality of individual development laid the foundation. But the reality is sometimes a child's development is not as expected. Sometimes the environment does not provide an enabling environment for growth and development. A situation that is certainly keenly felt by the victims of Lapindo children affected directly or indirectly from the Lapindo mudflow disaster in Porong Sidoarjo, East Java. Goals to be achieved in this research: (1) determine harmony influential families due to the Lapindo the child psychologically, (2) determine the relationship of social influential due to the Lapindo to the psychological development of children, (3) determine the role of influential government due to mud Lapindo to the psychological development of children, (4) knowing the personality of the effect due to the Lapindo to the psychological development of children, (5) knowing the harmony of the family, social relations community, and the role of government influence due to the Lapindo to the psychological development of children through the child's personality in Tanggulangin Sidoarjo. This study uses statistical analysis through multivariate regression analysis, also conducted exploration and narrative on the psychological development of children as a result of the Lapindo mudflow. The possible psychological development of children affected by child personality factors, and factors of family harmony, social relations, and the role of government. Thus this research using mixed methods, the method used to measure the quantitative models and qualitative methods to explore the psychological development of children is influenced by the personality of the child and family harmony factors, social relationships, and the role of government. The results of this study can be concluded that (1) has been identified as contributing factors in the achievement of the psychological development of children impact the mud disaster, the personality factor. Personality has contributed the most substantial and significant in achieving the psychological development of children amounted to 9,021%, (2) the child's personality are factors that most contribute to the development of thinking, the development of intelligence, the development of children's language, personality development of children, and mental development of the religion of children , Children who are developing psychological self-directed learners, awareness and high learning abilities so that they learn and try themselves to achieve excellence without having to be requested by others, (3) the role of xiii government has a relationship with the psychological development of children as a result of the Lapindo mudflow. Psychological increase if the support of the role of good government, and instead of diminishing the role of government led to the child psychologically reduced, based on the findings in this research note that there is a 10% of children are included in the category of Lapindo mudflow disaster impact on psychological development.en_US
dc.publisherPROGRAM DOKTOR ILMU PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectLapindoen_US
dc.subjectPsikologi Perkembanganen_US
dc.subjectPsikologi Perkembangan Anaken_US
dc.titleLUMPUR LAPINDO DAN PSIKOLOGIS ANAK (Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Berdampak Bencana Lumpur Lapindo terhadap Perkembangan Psikologis Anak di Wilayah Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record