dc.contributor.advisor | | |
dc.contributor.advisor | RASYID, HARYADI A. N. | |
dc.contributor.author | FIRDAUS, SEKAR | |
dc.date.accessioned | 2020-10-12T07:23:59Z | |
dc.date.available | 2020-10-12T07:23:59Z | |
dc.date.issued | 2020 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35524 | |
dc.description | Kredibilitas Guru Sebagai Sumber Komunikasi di SMPK IPEKA Integrated Christian School (IICS) Jakarta mempengaruhi terhadaap motivasi belajar siswa kedalam digital classroom. penelitian ini berfokus pada studi mengenai pengaruh kredibilitas guru sebagai sumber komunikasi terhadap motivasi belajar kedalam digital classroom dikalangan siswa SMPK IPEKA Integrated Christian School (IICS) Jakarta.
Metodologi dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan pada 128 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Sederhana. Pengujian instrumen menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA), dan rumus cronbach’s alpha, dengan melakukan uji validitas dan uji reliabilitas.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai coefficients standardized sebesar 0,595 dengan 34,9% motivasi belajar siswa kedalam digital classroom dipengaruhi oleh kredibilitas guru sebagai sumber komunikasi. Kredibilitas guru sebagai sumber komunikasi yang muncul dipersepsikan oleh siswa yaitu orang-orang yang memiliki karakter atau pembawaan diri yang ramah, adil, tegas, menarik, serta mahir dalam proses pembelajaran digital classroom. Hasil sesuai mengarah pada teori kemungkinan elaborasi pada jalur periferal, bahwa komunikan tidak akan mengkritisi suatu pesan dan cenderung menggunakan petunjuk, seperti pembicara memiliki kredibilitas tinggi. Seluruh guru telah mendapatkan pelatihan khusus yang dilakukan bersama google instructure, agar mudah bagi seluruh guru membentuk kredibilitas sebagai sumber komunikasi yang positif dimata siswa SMPK IPEKA Integrated Christian School (IICS) Jakarta. | en_US |
dc.description.abstract | Kredibilitas Guru Sebagai Sumber Komunikasi di SMPK IPEKA Integrated Christian School (IICS) Jakarta mempengaruhi terhadaap motivasi belajar siswa kedalam digital classroom. penelitian ini berfokus pada studi mengenai pengaruh kredibilitas guru sebagai sumber komunikasi terhadap motivasi belajar kedalam digital classroom dikalangan siswa SMPK IPEKA Integrated Christian School (IICS) Jakarta.
Metodologi dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatif kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan pada 128 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Sederhana. Pengujian instrumen menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA), dan rumus cronbach’s alpha, dengan melakukan uji validitas dan uji reliabilitas.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai coefficients standardized sebesar 0,595 dengan 34,9% motivasi belajar siswa kedalam digital classroom dipengaruhi oleh kredibilitas guru sebagai sumber komunikasi. Kredibilitas guru sebagai sumber komunikasi yang muncul dipersepsikan oleh siswa yaitu orang-orang yang memiliki karakter atau pembawaan diri yang ramah, adil, tegas, menarik, serta mahir dalam proses pembelajaran digital classroom. Hasil sesuai mengarah pada teori kemungkinan elaborasi pada jalur periferal, bahwa komunikan tidak akan mengkritisi suatu pesan dan cenderung menggunakan petunjuk, seperti pembicara memiliki kredibilitas tinggi. Seluruh guru telah mendapatkan pelatihan khusus yang dilakukan bersama google instructure, agar mudah bagi seluruh guru membentuk kredibilitas sebagai sumber komunikasi yang positif dimata siswa SMPK IPEKA Integrated Christian School (IICS) Jakarta. | en_US |
dc.publisher | FISIP UMY | en_US |
dc.subject | KREDIBILITAS SUMBER KOMUNIKASI | en_US |
dc.subject | MOTIVASI BELAJAR | en_US |
dc.subject | DIGITAL CLASSROOM | en_US |
dc.title | PENGARUH KREDIBILITAS GURU SEBAGAI SUMBER KOMUNIKASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KE DALAM DIGITAL CLASSROOM DIKALANGAN SISWA SMPK IPEKA INTEGRATED CHRISTIAN SCHOOL (IICS) JAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |