dc.contributor.author | Winanti, Winanti | |
dc.date.accessioned | 2020-10-21T07:40:23Z | |
dc.date.available | 2020-10-21T07:40:23Z | |
dc.date.issued | 2020-06-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35718 | |
dc.description | Pelayanan instalasi farmasi Rumah Sakit memegang peranan
penting dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan Rumah Sakit.
Kualitas pelayanan rumah sakit mempengaruhi kepuasan pasien
rawat jalan. Tingkat kepuasan merupakan perbedaan antara kinerja
yang dirasakan dengan harapan.Kepuasan pasien dapat
mempengaruhi mutu rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh kualitas pelayanan farmasi pada kepuasan
pasien rawat jalan di RS Tipe D Yogyakarta. Jenis penelitian ini
adalah kuantitatif. Populasi adalah semua pasien rawat jalan yang
ada di RS Tipe D.Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat
jalan yang memenuhi kriteria inklusi. Pengambilan data
menggunakan kuesioner dengan purposive sampling. Analisis data
multivariat menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas pelayanan
farmasi yang berpengaruh pada kepuasan pasien rawat jalan adalah
wujud nyata (tangible). Dimensi kualitas pelayanan farmasi lain
yang tidak berpengaruh pada kepuasan pasien rawat jalan adalah
keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan
(assurance), dan empati(emphaty). Secara keseluruhan kualitas
pelayanan farmasi (keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan
wujud nyata) berpengaruh pada kepuasan pasien rawat jalan di RS
Tipe D Yogyakarta (t 7,239; p 0,000) | en_US |
dc.description.abstract | Hospital pharmaceutical installation services play an important
role in efforts to improve the quality of hospital services. The
quality of hospital services affects outpatient satisfaction. A level
of satisfaction is the difference between perceived performance
and expectations.The satisfaction of patient can affect the quality
of the hospital.This study aims to determine the effect of
pharmaceutical service quality on outpatient satisfaction in Tipe
D Hospital Yogyakarta. This type of research is quantitative. The
participated sample is outpatients who meet the inclusion criteria
in Tipe D Hospital. Retrieval of data use a questionnaire with
purposive sampling. Multivariate data analysis use multiple
regression analysis. The results showed that the dimensions of
pharmaceutical service quality that influence outpatient
satisfaction are tangible. Dimensions of pharmaceutical service
quality that do not affect outpatient satisfaction are reliability,
responsiveness, assurance and empathy. The overall dimentions
of pharmaceutical service quality (reliability, responsiveness,
certainty, empathy and tangible ) affect satisfaction of outpatient
in Tipe D Hospital Yogyakarta (t 7.239; p 0.000) | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | MAGISTER ADMINISTRASI RUMAH SAKIT PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | Service quality | en_US |
dc.subject | outpatient satisfaction | en_US |
dc.title | PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FARMASI PADA KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RS BHAYANGKARA YOGYAKARTA | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |