Show simple item record

dc.contributor.authorWinanti, Winanti
dc.date.accessioned2020-10-21T07:40:23Z
dc.date.available2020-10-21T07:40:23Z
dc.date.issued2020-06-20
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35718
dc.descriptionPelayanan instalasi farmasi Rumah Sakit memegang peranan penting dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan Rumah Sakit. Kualitas pelayanan rumah sakit mempengaruhi kepuasan pasien rawat jalan. Tingkat kepuasan merupakan perbedaan antara kinerja yang dirasakan dengan harapan.Kepuasan pasien dapat mempengaruhi mutu rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan farmasi pada kepuasan pasien rawat jalan di RS Tipe D Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi adalah semua pasien rawat jalan yang ada di RS Tipe D.Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan yang memenuhi kriteria inklusi. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan purposive sampling. Analisis data multivariat menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas pelayanan farmasi yang berpengaruh pada kepuasan pasien rawat jalan adalah wujud nyata (tangible). Dimensi kualitas pelayanan farmasi lain yang tidak berpengaruh pada kepuasan pasien rawat jalan adalah keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati(emphaty). Secara keseluruhan kualitas pelayanan farmasi (keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan wujud nyata) berpengaruh pada kepuasan pasien rawat jalan di RS Tipe D Yogyakarta (t 7,239; p 0,000)en_US
dc.description.abstractHospital pharmaceutical installation services play an important role in efforts to improve the quality of hospital services. The quality of hospital services affects outpatient satisfaction. A level of satisfaction is the difference between perceived performance and expectations.The satisfaction of patient can affect the quality of the hospital.This study aims to determine the effect of pharmaceutical service quality on outpatient satisfaction in Tipe D Hospital Yogyakarta. This type of research is quantitative. The participated sample is outpatients who meet the inclusion criteria in Tipe D Hospital. Retrieval of data use a questionnaire with purposive sampling. Multivariate data analysis use multiple regression analysis. The results showed that the dimensions of pharmaceutical service quality that influence outpatient satisfaction are tangible. Dimensions of pharmaceutical service quality that do not affect outpatient satisfaction are reliability, responsiveness, assurance and empathy. The overall dimentions of pharmaceutical service quality (reliability, responsiveness, certainty, empathy and tangible ) affect satisfaction of outpatient in Tipe D Hospital Yogyakarta (t 7.239; p 0.000)en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMAGISTER ADMINISTRASI RUMAH SAKIT PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectService qualityen_US
dc.subjectoutpatient satisfactionen_US
dc.titlePENGARUH KUALITAS PELAYANAN FARMASI PADA KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RS BHAYANGKARA YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record