Show simple item record

dc.contributor.authorMaya, Eka Rinor
dc.date.accessioned2020-10-27T07:07:07Z
dc.date.available2020-10-27T07:07:07Z
dc.date.issued2020-06-20
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35811
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk: (1) Memperoleh informasi mengenai interaksi santri dalam kelompok sosial. (2) Memperoleh informasi mengenai peran kelompok sosial dalam membentuk perilaku keagamaan santri SMP MBS Yogyakarta. (3) Memperoleh informasi mengenai perilaku keagamaan santri sebagai hasil dari peran kelompok sosial dalam membentuk perilaku santri. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun lokasi penelitian adalah SMP Muhammadiyah Boarding School Sleman Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dalam penelitian ini, dapat penulis simpulkan: (1) Interaksi anggota kelompok Nasyid terbagi menjadi dua tahap yaitu tahap kontak dan tahap keterlibatan. Interaksi anggota baik internal maupun eksternal kelompok sudah masuk pada tahap kontak (perkenalan), sedangkan tahap keterlibatan hanya dijumpai pada interaksi internal kelompok Nasyid saja. (2) Peran kelompok Nasyid bagi anggotanya sebagai sarana dalam meningkatkan semangat spiritualitas selain melalui agenda-agenda keagamaan yang terorganisir dari Pondok Pesantren, juga melalui waktu latihan beryanyi digunakan untuk melakukan kegiatan seperti diskusi hal yang berkaitan dengan keagamaan, intropeksi/tabayyun perihal perilaku sosial dan agama setiap anggota serta wadah bagi mereka untuk saling memotivasi dalam hal keagamaan. (3) Kelompok Nasyid memberikan dampak yang positif pada religiusitas anggotanya, baik dari dimensi keyakinan, dimensi peribadatan dan dimensi pengamalan. (4) Kelompok Nasyid memberikan dampak positif terhadap perkembangan jiwa keagamaan anggotanya seperti; perkembangan pikiran dan mental, perkembangan perasaan perkembangan moral, perkembangan sikap dan minat, dan pertimbangan sosial serta ibadah. Selain itu, kelompok Nasyid juga memberikan dampak terhadap perkembangan kognitif melalui tahapan skema, organisasi dan adaptasi.en_US
dc.description.abstractThis research amis to obtain information on: (1) Students’ interaction in social groups, (2) roles of social groups in shaping students’ religious behaviour at SMP (Junior High School) MBS Sleman Yogyakarta, (3) students’ religious behaviour resulted from the roles of social groups in shaping their behaviour. This research is a descriptive qualitative study conducted at SMP Muhammadiyah Boarding School Sleman Yogyakarta. The data Wet collected using observation, interview, and documentation. The dinding show that: (1) The interaction of Nasheed group is divided into contact and involvement stages. The interaction among internal and external members have been included in the contact (introduction) stage, while the involvement stage is only found in the interaction of internal Nasheed group. (2)The roles among Nasheed members, in addition to facilitate them in improving the spirituality through organized religious agendas of the school, also through singing scadule is used to do Activities such a discussion about religion, to introspection about social and religious behaviour of each members, as well as a forum to motivate Beach other in religious. (3)The Nasheed group gives positive impacts to its members in some dimensional namely faith, woeship, and practice. (4) The Nasheed group give positive impact in religious for its members are found in their mental and mind development, emotion development, moral development as well as attitude interest development, social considerations, and worship. In addition, the Nasheed group give positive impact on the cognitive development of its members trough the stages of scheme, organization, and adaptation.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherMAGISTER STUDI ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectSocial Groupen_US
dc.subjectReligious Behaviouren_US
dc.subjectStudentsen_US
dc.titlePERANAN KELOMPOK SOSIAL DALAM MEMBENTUK PERILAKU KEAGAMAAN SANTRI SMP PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL SLEMAN YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record