dc.contributor.author | MUDASIR, MUDASIR | |
dc.date.accessioned | 2020-10-28T02:36:11Z | |
dc.date.available | 2020-10-28T02:36:11Z | |
dc.date.issued | 2020-06-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/35825 | |
dc.description | Perilaku menyontek adalah salah satu bentuk kecurangan yang begitu marak dilakukan oleh siswa dan siswi pada setiap lembaga pendidikan bukan saja dilakukan oleh siswa pada saat ujian sekolah bahkan Ujian Nasional (UN) berbasis komputerpun ada siswa yang menyontek oleh karena itu perilaku menyontek dikhawatir berpengaruh tidak baik terhadap perkembangan sikap siswa dan sangat perlu untuk diatasi.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Alasan yang mendasari pemilihan metode kualitatif ini bahwa manusia sebagai subjek yang diteliti adalah makhluk yang aktif, yang memiliki kebebasan berkemauan sehingga perlu didekati dengan kajian kualitatif untuk memahami dan mengeksplorasi permasalahannya dengan detail dan lengkap
Adapun hasil penelitian ini adalah strategi mengatasi perilaku menyontek di Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren Teknologi Riau (PTR) yaitu dengan melakukan tindakan preventif, tindakan kuratif, pembinaan akhlak mulia, penerapan pendidikan kejujuran serta mengawasi ujian dengan ketat, memberikan sanksi sampai hukuman bagi siswa yang menyontek. Dengan demikian penelitian ini dapat mengurangi perilaku menyontek di Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren Teknologi Riau, oleh karena itu penelitian ini merekomondasi bahwa strategi ini dapat dilakukan di lembaga pendidikan lainnya. | en_US |
dc.description.abstract | Cheating behavior is a form of cheating that is so rife by students in every educational institution done by students during school exams even they cheat during computer-based National Examinations (UN). Therefore, cheating behavior is feared to have an adverse effect on the development of student attitudes and really need to be overcome.
The research method used is a qualitative method with a Case Study Approach. The reason that underlies the selection of this Qualitative Method is that humans as the subject under study are active creatures, who have freedom of will, so they need to be approached with qualitative studies to understand and explore the problem in detail and in full.
The results of this study are strategies to overcome cheating behavior in Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren Teknologi Riau (PTR) are by taking preventive measures, curative actions, fostering noble morals, applying honesty education, supervising examinations closely, and giving sanctions and punishment to students who cheated. Thus, this research can reduce cheating behavior in Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren Teknologi Riau, therefore this study recommends that this strategy can be carried out in the other educational institutions. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | PROGRAM DOKTOR ILMU PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | behavior | en_US |
dc.subject | cheating | en_US |
dc.subject | psychology | en_US |
dc.subject | overcome | en_US |
dc.title | PERILAKU MENYONTEK DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN TEKNOLOGI RIAU | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |