Show simple item record

dc.contributor.authorUTAMI, YULI
dc.contributor.authorRIDHO, ABDIL FADHIL
dc.date.accessioned2016-09-29T22:00:31Z
dc.date.available2016-09-29T22:00:31Z
dc.date.issued2016-08
dc.identifier.issn2528-6633
dc.identifier.otherSK no. 0005.25286633/JI.3.1/SK.ISSN/2016.08 - 26 Juli 2016 (mulai edisi Vol. 2, No. 2, Desember 2016)
dc.identifier.otherNo. ISSN terkait - 2442-4455
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/3757
dc.description.abstractDalam sistem keuangan Islam, Mudharabah dikenal sebagai niche product-nya lembaga keuangan Islam (produk transaksi yang sangat pantas bagi lembaga keuangan Islam karena adil, menjunjung empati terhadap mudharib, dan mendukung pertumbuhan ekonomi). Namun, fakta mengatakan bahwa Mudharabah bukanlah pembiayaan favorit. Tulisan ini bertujuan untuk melihat apakah pembiayaan Mudharabah masih layak dijadikan niche-product dengan mengidentifikasi peningkatan pendapatan, konsumsi, dan investasi dari para anggota setelah menjadi mitra BMT. Metode dalam makalah ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Melalui rumus Slovin dan regresi linier berganda, penelitian ini akan mengevaluasi pendapatan 95 responden (Y), konsumsi (C), dan Investasi mereka (I), serta menganalisis pengetahuan mereka tentang produk yang ditawarkan (Pr), empati lembaga keuangan mikro syariah ke anggota (G), dan nisbah bagi hasil yang mereka setujui (Ps). Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa konsumsi anggota BMT dan Investasi mereka memiliki hubungan positif dengan pendapatan mereka dalam jangka panjang; dan produk yang ditawarkan, empati dari BMT ke anggota, serta nisbah bagi hasil yang mereka setujui juga terrespon positif terhadap meningkatnya pendapatan mereka. Ini berarti bahwa konsep niche-product-nya lembaga keuangan Islam masih bisa diandalkan dan diterapkan di tingkat lembaga keuangan mikro.en_US
dc.language.isoenen_US
dc.publisherNISBAH0: JURNAL PERBANKAN SYARIAH FAKULTAS EKONOMI ISLAM UNIVERSITAS DJUANDA BOGORen_US
dc.subjectNiche Producten_US
dc.subjectMudharabahen_US
dc.subjectProfit Sharingen_US
dc.subjectEmphatyen_US
dc.titleREVISITING THE EXISTENCY OF IB’S NICHE PRODUCT: A CASE OF MUDHARABAH CONTRACT IN SELECTED BMT IN YOGYAKARTAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

  • JURNAL
    Berisi tulisan dosen dalam yang telah dimuat dalam jurnal nasional maupun internasional yang tidak diterbitkan oleh UMY. Diharapkan menambahkan link dari jurnal yang asli dalam diskripsinya.maupun internasional

Show simple item record