Show simple item record

dc.contributor.authorORBAYINAH, SALMAH
dc.contributor.authorNI’MAH, RIMA FATHU
dc.contributor.authorNISWAH, USWATUN
dc.date.accessioned2016-09-30T14:47:03Z
dc.date.available2016-09-30T14:47:03Z
dc.date.issued2016-09-01
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/4223
dc.description.abstractPelayanan kesehatan yang efektif didukung oleh praktik kolaborasi profesi kesehatan yang kompeten dan mampu bekerjasama dalam pelayanan kesehatan. Salah satu kompetensinya adalah kemampuan komunikasi antar profesi kesehatan. Interprofessional Education adalah program pembelajaran yang memberikan pemahaman serta praktek pada tingkat kemampuan komunikasi yang menjadi komponen penting dalam terciptanya pelayanan yang efektif antar profesi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi mahasiswa setelah terpapar Interprofessional Education (IPE) di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Penelitian menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sample secara purposive sampling. Sampel berjumlah 200 orang mahasiswa yang terdiri dari 50 mahasiswa profesi ilmu keperawatan,50 mahasiswa profesi dokter dan 100 orang mahasiswa tingkat strata satu (S1) program studi farmasi. Penelitian dilakukan melalui dua tahap. Tahap pertama membandingkan tingkat komunikasi antara 50 mahasiswa farmasi dengan 50 mahasiswa profesi dokter. Tahap kedua membandingkan tingkat komunikasi antara 50 mahasiswa farmasi yang berbeda dengan 50 mahasiswa profesi perawat. Pengambilan data melalui kuesioner yang mengacu pada Interpersonal Communication Inventory (ICI). Kemampuan komunikasi dikategorikan menjadi tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase tingkat kemampuan komunikasi antara mahasiswa farmasi dengan profesi dokter dengan kategori tinggi,rendah dan sedang berturut-turut 58%, 39% dan 3%. Tingkat kemampuan komunikasi antara mahasiswa farmasi dengan profesi keperawatan dengan kategori tinggi,rendah dan sedang berturut-turut adalah 30%, 69% dan 1%... Diantara sepuluh komponen komunikasi, komponen evaluasi dan feedback serta perhatian memiliki persentase tertinggi pada semua mahasiswa baik antara mahasiswa profesi perawat dan farmasi maupun antara mahasiswa dokter dan farmasi. Kesimpulan penelitian ini adalah tingkat kemampuan komunikasi mahasiswa farmasi dengan profesi keperawatan sebagian besar masuk kategori sedang dan tingkat kemampuan komunikasi mahasiswa farmasi dengan profesi dokter sebagian besar masuk kategori tinggi. Komponen evaluasi dan feedback serta perhatian memiliki persentase tertinggi pada semua mahasiswa baik antara mahasiswa profesi dokter dan farmasi maupun antara mahasiswa perawat dan farmasi.en_US
dc.description.sponsorshipUMYen_US
dc.publisherUMYen_US
dc.subjectKemampuan komunikasi, Interprofessional Educationen_US
dc.titleTINGKAT KEMAMPUAN KOMUNIKASI MAHASISWA SETELAH TERPAPAR INTERPROFESSIONAL EDUCATION (IPE) DI FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record