Show simple item record

dc.contributor.advisorATMAJA,SRI
dc.contributor.advisorHARSANTO,PUJI
dc.contributor.authorGUSMALAWATI, PIPIN
dc.date.accessioned2016-10-08T03:11:36Z
dc.date.available2016-10-08T03:11:36Z
dc.date.issued2016-08-27
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/4604
dc.descriptionJalan merupakan modal utama transportasi dalam perhubungan antar kota. Semakin lama kondisi jalan akan berangsur-angsur menurun sampai tingkat dimana rehabilitasi sudah harus dilaksanakan. Saat ini, pemeliharaan dan rehabilitasi di Indonesia belum dapat berjalan secara optimal. Hal ini disebabkan oleh semakin luasnya jaringan jalan, terbatasnya dana pemerintah untuk pemeliharaan jalan di Indonesia, dan keterbatasan kemampuan pengujian laboratorium untuk mendapatkan parameter ukur evaluasi jalan secara praktis dilapangan. Untuk mengetahui nilai kekuatan struktur diperlukan perencanaan tebal lapis perkerasan tambahan yang dihasilkan dari pengujian lendutan balik menggunakan alat Benkelman Beam (BB). Untuk memudahkan pengelohan data diperlukan pembangunan sebuah perangkat lunak menggunakan bahasa pemograman yaitu Visual Basic of Application (VBA) pada Excel agar dapat menyelesaikan analisis data dengan mudah. Pada penelitian ini dibangun sebuah perangkat lunak menggunakan aplikasi VBA-Excel. Tujuan penelitian ini untuk mempermudah serta mempercepat pada saat pengolahan data. Pedoman yang akan digunakan untuk pembangunan perangkat lunak yaitu Perencanaan Tebal Lapis Tambah Perkerasan Lentur dengan Metoda Lendutan (Pd T-05-2005-B) dengan data pengujian lendutan balik menggunakan alat BB. Data pengujian sendiri dilakukan pada jalan dengan kondisi baik serta jalan kondisi buruk sepanjang 2 km yang dilakukan pada Jalan Bangunjiwo-Bibis dan Jalan Karangjati. Hasil dari penelitian ini berupa program perencanaan tebal lapis tambah dengan menggunakan alat BB yang diberi nama “Benkelman Beam BM’05 - UMY (BBBM’05-UMY)”. Untuk hasil dari BBBM’05-UMY sudah dibandingkan dengan hasil perhitungan manual dan hasilnya sama hanya berbeda pada angka dibelakang koma saja. Hasil tebal lapis tambah menggunakan BBBM’05 untuk kondisi jalan baik sebesar 4,874 cm dan kondisi jalan buruk sebesar 16,399 cm. Hasil dengan menggunakan hitungan manual untuk kondisi jalan baik dan buruk sebesar 4,8625 cm dan 16,319 cm. Perbedaan hasil perhitungan menggunakan BBBM’05-UMY dengan hasil perhitungan manual sebesar 0,3 %. Hal ini menunjukkan bahwa software hasil penelitian akurat dan dapat digunakan dalam analisis tebal perkerasan jalan secara lebih efisien dan menghemat waktu analisisen_US
dc.description.abstractJalan merupakan modal utama transportasi dalam perhubungan antar kota. Semakin lama kondisi jalan akan berangsur-angsur menurun sampai tingkat dimana rehabilitasi sudah harus dilaksanakan. Saat ini, pemeliharaan dan rehabilitasi di Indonesia belum dapat berjalan secara optimal. Hal ini disebabkan oleh semakin luasnya jaringan jalan, terbatasnya dana pemerintah untuk pemeliharaan jalan di Indonesia, dan keterbatasan kemampuan pengujian laboratorium untuk mendapatkan parameter ukur evaluasi jalan secara praktis dilapangan. Untuk mengetahui nilai kekuatan struktur diperlukan perencanaan tebal lapis perkerasan tambahan yang dihasilkan dari pengujian lendutan balik menggunakan alat Benkelman Beam (BB). Untuk memudahkan pengelohan data diperlukan pembangunan sebuah perangkat lunak menggunakan bahasa pemograman yaitu Visual Basic of Application (VBA) pada Excel agar dapat menyelesaikan analisis data dengan mudah. Pada penelitian ini dibangun sebuah perangkat lunak menggunakan aplikasi VBA-Excel. Tujuan penelitian ini untuk mempermudah serta mempercepat pada saat pengolahan data. Pedoman yang akan digunakan untuk pembangunan perangkat lunak yaitu Perencanaan Tebal Lapis Tambah Perkerasan Lentur dengan Metoda Lendutan (Pd T-05-2005-B) dengan data pengujian lendutan balik menggunakan alat BB. Data pengujian sendiri dilakukan pada jalan dengan kondisi baik serta jalan kondisi buruk sepanjang 2 km yang dilakukan pada Jalan Bangunjiwo-Bibis dan Jalan Karangjati. Hasil dari penelitian ini berupa program perencanaan tebal lapis tambah dengan menggunakan alat BB yang diberi nama “Benkelman Beam BM’05 - UMY (BBBM’05-UMY)”. Untuk hasil dari BBBM’05-UMY sudah dibandingkan dengan hasil perhitungan manual dan hasilnya sama hanya berbeda pada angka dibelakang koma saja. Hasil tebal lapis tambah menggunakan BBBM’05 untuk kondisi jalan baik sebesar 4,874 cm dan kondisi jalan buruk sebesar 16,399 cm. Hasil dengan menggunakan hitungan manual untuk kondisi jalan baik dan buruk sebesar 4,8625 cm dan 16,319 cm. Perbedaan hasil perhitungan menggunakan BBBM’05-UMY dengan hasil perhitungan manual sebesar 0,3 %. Hal ini menunjukkan bahwa software hasil penelitian akurat dan dapat digunakan dalam analisis tebal perkerasan jalan secara lebih efisien dan menghemat waktu analisisen_US
dc.publisherFT UMYen_US
dc.subjectVBA-Excel, Tebal Lapis Tambahan, Bina Marga (2005), Benkelman Beamen_US
dc.titlePEMBANGUNAN PERANGKAT LUNAK PERENCANAAN TEBAL LAPIS PERKERASAN TAMBAHAN METODE BENKELMAN BEAM (BB) MENGGUNAKAN APLIKASI VBA-EXCELen_US
dc.typeThesis SKR FT 267en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record