Show simple item record

dc.contributor.advisorGUNAWAN,BARBARA
dc.contributor.authorSABARINI, SEPTI DWI
dc.date.accessioned2016-10-11T03:03:13Z
dc.date.available2016-10-11T03:03:13Z
dc.date.issued2016-08-30
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/4768
dc.descriptionTujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sistem dan prosedur verifikasi dokumen pengadaan barang/jasa pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk WITEL DIY. Pengadaan barang/jasa harus mempunyai sistem yang baik untuk mendukung seluruh kegiatan produksi yang dilakukan perusahaan. Setiap pengadaan barang/jasa tersebut juga harus terdapat pengendalian intern untuk mengarahkan, mengawasi dan mengukur sumber daya suatu organisasi serta mencegah dan menemukan ketidaksesuaian prosedur. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terhadap pihak-pihak terkait dan melalui observasi untuk mengetahui praktik secara langsung verifikasi dokumen pengadaan barang/jasa. Hasil analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk WITEL DIY dalam melakukan verifikasi dokumen menggunakan tatacara verifikasi dokumen pembayaran, yaitu verifikasi kebenaran material dan verifikasi formal. Secara umum pelaksanaan verifikasi dokumen pengadaan sudah sesuai dengan Keputusan Direktur Keuangan Nomor: KUG 02.02/r.01/HK230/2010 Tanggal 31 Maret 2010 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengelolaan Kas, namun beberapa yang harus dijadikan perhatian mengingat resiko kesalahan (error) yang kemungkinan terjadi berupa kurang lengkapnya berkas tagihan, ketidaksesuaian antara kontrak dengan berkas tagihan (rekening bank, jaminan bank, nilai kontrak) dan kesalahan penulisan (angka kuitansi dengan terbilang).en_US
dc.description.abstractThe purpose of the study is to examine the document verification system and procedure of procurement of goods/services at PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk WITEL DIY. Procurement of goods and services must have a good system to support all the activities of production that is done by the company. Every procurement of goods and services there should be also internal control to direct, supervise and measure resources of an organization and prevent unsuitable procedure. This research is descriptive qualitative research. Data collection was conducted through interviews with related parties and through observation to determine the direct practice of verification of documents procurement of goods/services. Based on the result the research that has been done, can be concluded that PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk WITEL DIY in verifying a document using the procedure for verification of payment documents, which is verification of the righteousness of the material and formal verification. In general, the verification of the procurement documents are in accordance with the Director of Finance No. KUG 02.02/r.01/HK230/2010 Date March 31, 2010 on the Guidelines for Cash Management, but some attention should be given the risk of error (error) which may occur by the incomplete file of the bill, the mismatch between contract with files bill (bank accounts, bank guarantees, the contract value) and error in writing (receipt number to be calculated).en_US
dc.publisherD3 UMYen_US
dc.subjectInternal Control, Systems and Procurement Procedures, Document Verification. Pengendalian Intern, Sistem dan Prosedur Pengadaan, Verifikasi Dokumenen_US
dc.titleSISTEM DAN PROSEDUR VERIFIKASI DOKUMEN PENGADAAN PADA UNIT FINANCE PT.TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK WITEL D.I YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis TA VOK 30en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record