Show simple item record

dc.contributor.advisorKHILMIAH, AKIF
dc.contributor.authorZAHROH, UMMU AFIFAH NURIYATU
dc.date.accessioned2016-10-20T01:52:21Z
dc.date.available2016-10-20T01:52:21Z
dc.date.issued2016-08-31
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/5249
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui dan mengkaji keterlibatan pengasuhan ayah, 2) mengetahui dan mengkaji tingkat kecerdasan emosional siswa, 3) mengetahui dan mengkaji hubungan antara keterlibatan pengasuhan ayah dengan tingkat kecerdasan emosional siswa SMA Muhammadiyah Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 108 siswa, selanjutnya untuk mendapatkan sampel dengan teknik simple random sampling yang berjumlah 30 responden. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment Pearson, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana dengan rumus Pearson product moment correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Keterlibatan pengasuhan ayah pada siswa SMA Muhammadiyah Bantul berkategori tinggi pada keseluruhan indikatornya yang meliputi paternal engagement, accessibility/availibility, dan resposibility, 2) Kecerdasan emosional siswa SMA Muhammadiyah Bantul berkategori sedang pada tiga indikator, yaitu; mengenali emosi diri, mengeloa emosi dan empati. Sedangkan dua indikator lainnya berkategori tinggi, yaitu; memotivasi diri sendiri dan membina hubungan. 3) Hasil koefisien korelasi menunjukkan bahwa rhitung (0.490) lebih besar (>) dari rtabel (0.361) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan, terdapat hubungan antara keterlibatan pengasuhan ayah dengan tingkat kecerdasan emosional siswa SMA Muhammadiyah Bantul.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui dan mengkaji keterlibatan pengasuhan ayah, 2) mengetahui dan mengkaji tingkat kecerdasan emosional siswa, 3) mengetahui dan mengkaji hubungan antara keterlibatan pengasuhan ayah dengan tingkat kecerdasan emosional siswa SMA Muhammadiyah Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 108 siswa, selanjutnya untuk mendapatkan sampel dengan teknik simple random sampling yang berjumlah 30 responden. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment Pearson, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji hipotesis menggunakan analisis korelasi sederhana dengan rumus Pearson product moment correlation. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Keterlibatan pengasuhan ayah pada siswa SMA Muhammadiyah Bantul berkategori tinggi pada keseluruhan indikatornya yang meliputi paternal engagement, accessibility/availibility, dan resposibility, 2) Kecerdasan emosional siswa SMA Muhammadiyah Bantul berkategori sedang pada tiga indikator, yaitu; mengenali emosi diri, mengeloa emosi dan empati. Sedangkan dua indikator lainnya berkategori tinggi, yaitu; memotivasi diri sendiri dan membina hubungan. 3) Hasil koefisien korelasi menunjukkan bahwa rhitung (0.490) lebih besar (>) dari rtabel (0.361) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan, terdapat hubungan antara keterlibatan pengasuhan ayah dengan tingkat kecerdasan emosional siswa SMA Muhammadiyah Bantul.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectpengasuhan ayah, kecerdasan emosional, SMA Muhammadiyahen_US
dc.titleHUBUNGAN KETERLIBATAN PENGASUHAN AYAH DENGAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMA MUHAMMADIYAH BANTULen_US
dc.typeThesis SKR FAI 228en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record