Show simple item record

dc.contributor.advisorKHILMIYAH, AKIF
dc.contributor.authorAJI, ARIEF RAKHMAN
dc.date.accessioned2016-10-26T03:04:41Z
dc.date.available2016-10-26T03:04:41Z
dc.date.issued2016-08-31
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/5336
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan keluarga sesuai dengan hadis-hadis dan sejarah Nabi Muhammad yang terdapat dalam kitab Manhaj at-Tarbiyyah an-Nabawiyyahh li - . Serta mendefinisikan kunggulan dan kelemahan kitab tersebut dan mengkaji relevansi konsep pendidikan anak dalam kitab Manhaj at-Tarbiyyah an-Nabawiyyahh li - dengan praktik pendidikan anak pada zaman sekarang. Jenis penelitiannya ialah penelitian pustaka (library research), yaitu penelitian yang obyek utamanya ialah bahan-bahan pustaka meliputi sumber data primer, sekunder dan pendukung. Sedangkan metode analisis data berupa analisa data dengan menggunakan analisis isi (content analysis), yang merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi. Penelitian ini mendapatkan beberapa kesimpulan yaitu, konsep pendidikan aspek keyakinan terhadap Allah SWT dan akhlak yang baik. Dengan membagi ke dalam tiga tahapan yakni, pendidikan pra kelahiran, pendidikan paska kelahiran, pendidikan hingga usia remaja, arttinya bahwa pendidikan anak mempunyai unsur tiga waktu, sebelum dan sesudah anak itu lahir dan setelah itu anak dididik dari usia balita hingaa usia remaja. Adapun kelebihan buku ini adalah sangat sistematis dan tematik dalam pengambilan dalil, namun kurang analisis mendalam dari penulisnya. Konsep ini juga sangat relevan hal pembentukan karakter anak, sebagaimana yang sudah dibangun di madrasah dan sekolah.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan keluarga sesuai dengan hadis-hadis dan sejarah Nabi Muhammad yang terdapat dalam kitab Manhaj at-Tarbiyyah an-Nabawiyyahh li - . Serta mendefinisikan kunggulan dan kelemahan kitab tersebut dan mengkaji relevansi konsep pendidikan anak dalam kitab Manhaj at-Tarbiyyah an-Nabawiyyahh li - dengan praktik pendidikan anak pada zaman sekarang. Jenis penelitiannya ialah penelitian pustaka (library research), yaitu penelitian yang obyek utamanya ialah bahan-bahan pustaka meliputi sumber data primer, sekunder dan pendukung. Sedangkan metode analisis data berupa analisa data dengan menggunakan analisis isi (content analysis), yang merupakan analisis ilmiah tentang isi pesan suatu komunikasi. Penelitian ini mendapatkan beberapa kesimpulan yaitu, konsep pendidikan aspek keyakinan terhadap Allah SWT dan akhlak yang baik. Dengan membagi ke dalam tiga tahapan yakni, pendidikan pra kelahiran, pendidikan paska kelahiran, pendidikan hingga usia remaja, arttinya bahwa pendidikan anak mempunyai unsur tiga waktu, sebelum dan sesudah anak itu lahir dan setelah itu anak dididik dari usia balita hingaa usia remaja. Adapun kelebihan buku ini adalah sangat sistematis dan tematik dalam pengambilan dalil, namun kurang analisis mendalam dari penulisnya. Konsep ini juga sangat relevan hal pembentukan karakter anak, sebagaimana yang sudah dibangun di madrasah dan sekolah.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectPendidikan Anak, Pendidikan Islam, Manhaj at-Tarbiyyahen_US
dc.titleKONSEP PENDIDIKAN ANAK DALAM KITAB MANHAJ at- tarbiyah an-nabawiyah liat-tiflen_US
dc.typeThesis SKR FAI 186en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record