Show simple item record

dc.contributor.advisorHASAN, YUFUF A
dc.contributor.authorABDILLAH, AHMAD
dc.date.accessioned2016-10-26T06:38:58Z
dc.date.available2016-10-26T06:38:58Z
dc.date.issued2016-08-29
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/5358
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk mengungkap petunjuk-petunjuk Rasulullah saw terhadap pendidikan pemuda dalam salah satu bab di Kitab al-Hady an-Nabawiy fī Tarbiyah al-Aulād fī Ḍau’ al-Kitāb wa as-Sunnah karya dari Sa’īd bin ‘Alī bin Wahf al-Qaḥṭānī dan relevansinya dengan dengan pembelajaran masa kini, dalam hal ini hanya terbatas dalam hal model, pendekatan, strategi dan metode pembelajaran yang berkembang di masa ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (Library Research), yaitu penelitian yang bahan-bahannya adalah buku-buku perpustakaan dan sumber lainnya yang kesemuanya berbasis kepustakaan. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi yaitu suatu teknik pengumpulan data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis gambar maupun elektronik, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis isi atau dokumen (content or document analysis). Hasilnya menunjukkan bahwa petunjuk-petunjuk Rasulullah saw terhadap pendidikan pemuda yang ada dalam Kitab al-Hady an-Nabawiy fī Tarbiyah al-Aulād fī Ḍau’ al-Kitāb wa as-Sunnah itu meliputi; pengertian fase pemuda, urgensi fase pemuda, sikap Rasulullah saw terhadap para pemuda dalam hal pendidikan, memotivasi para pemuda kepada akhlak mulia, petunjuk Rasulullah saw kepada para ayah dalam hal pendidikan, wasiat Rasulullah saw kepada para pemuda dalam hal adab dan metode meluruskan kesalahan para pemuda dalam hal adab. Petunjuk Rasulullah saw terhadap pendidikan pemuda ini ternyata relevan dengan pembelajaran masa kini, terlihat dari beberapa hal, yaitu 1) model pembelajaran masa kini yang digunakan oleh Rasulullah saw adalah model pembelajaran memproses informasi, model pembelajaran sosial, model pembelajaran personal dam model pembelajaran sistem perilaku. 2) Pendekatan pembelajaran Rasulullah saw adalah pendekatan pembelajaran konservatif (berpusat pada guru) dan liberal (berpusat pada peserta didik). 3) Strategi pembelajaran Rasulullah saw ada empat, yakni strategi pembelajaran langsung, tidak langsung, interaktif dan mandiri. 4) Metode pembelajaran Rasulullah saw dalam mendidik pemuda ada lima yaitu metode ceramah, tanya jawab, penugasan, pemecahan masalah dan diskusi. Hal ini membuktikan bahwa petunjuk-petunjuk dari Rasulullah saw dalam hal mendidik pemuda relevan dengan pembelajaran yang ada pada masa kini.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengungkap petunjuk-petunjuk Rasulullah saw terhadap pendidikan pemuda dalam salah satu bab di Kitab al-Hady an-Nabawiy fī Tarbiyah al-Aulād fī Ḍau’ al-Kitāb wa as-Sunnah karya dari Sa’īd bin ‘Alī bin Wahf al-Qaḥṭānī dan relevansinya dengan dengan pembelajaran masa kini, dalam hal ini hanya terbatas dalam hal model, pendekatan, strategi dan metode pembelajaran yang berkembang di masa ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (Library Research), yaitu penelitian yang bahan-bahannya adalah buku-buku perpustakaan dan sumber lainnya yang kesemuanya berbasis kepustakaan. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi yaitu suatu teknik pengumpulan data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis gambar maupun elektronik, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis isi atau dokumen (content or document analysis). Hasilnya menunjukkan bahwa petunjuk-petunjuk Rasulullah saw terhadap pendidikan pemuda yang ada dalam Kitab al-Hady an-Nabawiy fī Tarbiyah al-Aulād fī Ḍau’ al-Kitāb wa as-Sunnah itu meliputi; pengertian fase pemuda, urgensi fase pemuda, sikap Rasulullah saw terhadap para pemuda dalam hal pendidikan, memotivasi para pemuda kepada akhlak mulia, petunjuk Rasulullah saw kepada para ayah dalam hal pendidikan, wasiat Rasulullah saw kepada para pemuda dalam hal adab dan metode meluruskan kesalahan para pemuda dalam hal adab. Petunjuk Rasulullah saw terhadap pendidikan pemuda ini ternyata relevan dengan pembelajaran masa kini, terlihat dari beberapa hal, yaitu 1) model pembelajaran masa kini yang digunakan oleh Rasulullah saw adalah model pembelajaran memproses informasi, model pembelajaran sosial, model pembelajaran personal dam model pembelajaran sistem perilaku. 2) Pendekatan pembelajaran Rasulullah saw adalah pendekatan pembelajaran konservatif (berpusat pada guru) dan liberal (berpusat pada peserta didik). 3) Strategi pembelajaran Rasulullah saw ada empat, yakni strategi pembelajaran langsung, tidak langsung, interaktif dan mandiri. 4) Metode pembelajaran Rasulullah saw dalam mendidik pemuda ada lima yaitu metode ceramah, tanya jawab, penugasan, pemecahan masalah dan diskusi. Hal ini membuktikan bahwa petunjuk-petunjuk dari Rasulullah saw dalam hal mendidik pemuda relevan dengan pembelajaran yang ada pada masa kini.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectpetunjuk Rasulullah saw, pendidikan pemuda dan pembelajaranen_US
dc.titlePETUNJUK-PETUNJUK RASULULLAH SAW TERHADAP PENDIDIKAN PEMUDA DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN MASA KINI (Kajian terhadap Kitab al-Hady an-Nabawiy fī Tarbiyah al-Aulād fī Ḍaui al-Kitāb wa as-Sunnah)en_US
dc.typeThesis SKR FAI 211en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record