Show simple item record

dc.contributor.advisorIMAN, MARSUDI
dc.contributor.authorJANNAH, ZAHROTUN NUR
dc.date.accessioned2016-10-27T03:14:11Z
dc.date.available2016-10-27T03:14:11Z
dc.date.issued2016-08-31
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/5388
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji efektifitas guru dalam mengajar (2) untuk mengkaji hasil belajar sisa dan (3) untuk mengkaji ada tidaknya pengaruh efektifitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Batur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif model korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified sampling atau yang sering disebut proportional stratified sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket sedangkan untuk analisa data peneliti menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) efektifitas guru dalam mengajar memiliki kategori rendah dengan presentase sebesar 35%. (2) untuk hasil belajar siswa memiliki kategori tinggi dengan presentase sebesar 60%. (3) hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa efektifitas guru dalam mengajar tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 1 Batur. Hal ini dapat dilihat pada nilai t hitung sebesar 1,319 dan t tabel sebesar 1,685 (1,319 < 1,685) dengan nilai signifikansi 0,194, sedangka nilai f hitung sebesar 1,740 dan f tabel sebesar 4,10 (1,740 < 4,10) dengan signifikansi sebesar 0,195. Jika dipresentasikan maka pengaruh efektifitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar hanya sebesar 4,8% dari 100%.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk (1) mengkaji efektifitas guru dalam mengajar (2) untuk mengkaji hasil belajar sisa dan (3) untuk mengkaji ada tidaknya pengaruh efektifitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Batur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif model korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified sampling atau yang sering disebut proportional stratified sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket sedangkan untuk analisa data peneliti menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) efektifitas guru dalam mengajar memiliki kategori rendah dengan presentase sebesar 35%. (2) untuk hasil belajar siswa memiliki kategori tinggi dengan presentase sebesar 60%. (3) hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa efektifitas guru dalam mengajar tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas X di SMA Negeri 1 Batur. Hal ini dapat dilihat pada nilai t hitung sebesar 1,319 dan t tabel sebesar 1,685 (1,319 < 1,685) dengan nilai signifikansi 0,194, sedangka nilai f hitung sebesar 1,740 dan f tabel sebesar 4,10 (1,740 < 4,10) dengan signifikansi sebesar 0,195. Jika dipresentasikan maka pengaruh efektifitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar hanya sebesar 4,8% dari 100%.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectefektifitas guru dalam mengajar, hasil belajar siswaen_US
dc.titlePENGARUH EFEKTIFITAS GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X SMAN 1 BATUR BANJARNEGARAen_US
dc.typeThesis SKR FAI 237en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record