Show simple item record

dc.contributor.advisorNURHAYATI, NURHAYATI
dc.contributor.authorYURANDA, GITA SUHA
dc.date.accessioned2016-11-05T02:38:46Z
dc.date.available2016-11-05T02:38:46Z
dc.date.issued2016-05-11
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/5854
dc.descriptionProses pembelajaran merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam pencapaian mutu pendidikan yang baik. Proses belajar yang kondusif menyebabkan mahasiswa lebih aktif, termotivasi dan betah untuk belajar. Penciptaan lingkungan pembelajaran yang efektif melibatkan kegiatan di kelas atau pada saat perkuliahan, pengajaran dan ruang kelas untuk penggunaan waktu yang efektif. Suatu proses pembelajaran yang kondusif dapat di ketahui dari hasil belajar mahasiswa. Hasil belajar bisa di pengaruhi oleh bagaimana mahasiswa memandang lingkungan sekitarnya, bagaimana mahasiswa menilai persepsi mereka tentang lingkungan yang harmonis, penuh perhatian dan kasih sayang akan membantu mahasiswa belajar dengan baik karena dapat memberikan motivasi, lingkungan juga dapat menciptakan situasi belajar yang baik. Mahasiswa dapat menilai apakah lingkungan belajar mereka positif atau negatif. Metode: Metode penelitian yang diambil adalah rancangan penelitian cross-sectional study dengan besar sampel sebanyak 87 mahasiswa dengan instrument menggunakan kuesioner Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM). Hasil: Hubungan persepsi lingkungan pembelajaran dengan hasil belajar Keseluruhan dengan angka probabilitas 0,906 yang berarti tidak terdapat hubungan antara persepi lingkungan pembelajaran dengan hasil belajar pada mahasiswa karena p > 0.05. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara persepsi lingkungan pembelajaran dengan hasil belajar pada Mahasiwa Program Studi Pendidikan Dokter FKIK UMY.en_US
dc.description.abstractThe learning process is one factor that is very influential in achieving a good quality of education . Conducive learning process led to the students more active , motivated and like to learn . Creation of an effective learning environment involving activities in the classroom or during lectures , teaching and classrooms for effective use of time . A conducive learning process can be in the know of student results. Learning outcomes can be influenced by how the students looked at the surrounding environment , how students rated their perception of the environment that is harmonious, caring and compassion will help students learn well because it can provide motivation , the environment also can create a good learning situation . Students can assess whether their learning environment is positive or negative . Methods : The research method is taken from research design cross- sectional study with a sample size of 87 students of the instrument using a questionnaire Dundee Ready Educational Environment Measure ( dreem ) . Results : The relationship of perception learning environment with learning outcomes overall with the number probability 0,906 , which means there is no relationship between perceptions of learning environment with learning outcomes in students because p > 0.05 Conclusions : There was no relationship between perceptions of the learning environment with learning outcomes in the Medical Education Program Students FKIK UMY .en_US
dc.publisherFKIK UMYen_US
dc.subjectRelationships , perception , learning environments , learning outcomes. Hubungan,persepsi ,lingkungan pembelajaran,hasil belajaren_US
dc.titleHUBUNGAN PERSEPSI LINGKUNGAN PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER FKIK UMYen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record