Show simple item record

dc.contributor.advisorROCHIMAH, TRI HASTUTI NUR
dc.contributor.authorASTUTI, PUTRI WAHYUNING
dc.date.accessioned2016-11-09T03:35:44Z
dc.date.available2016-11-09T03:35:44Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/6124
dc.descriptionPenelitian ini merupakan penelitian yang menganalisis tentang Social Marketing Puskesmas Danurejan I dalam Mensosialisasikan Program ASI Eksklusif pada Tahun 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengetahui pelaksanaan social marketing dalam program ASI eksklusif Puskesmas Danurejan I kota Yogyakarta, serta untuk mengetahui hambatan dari dalam dan luar yang dialami selama pelaksanaan program ASI eksklusif selama tahun 2014. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pendekatan studi kasus dan jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Puskesmas Danurejan I kota Yogyakarta. Sumber data penelitian ini berasal dari hasil wawancara dengan informan, dokumen, dan foto dokumentasi. Uji validitas data menggunakan trianggulasi sumber yang berarti membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Puskesmas Danurejan I kota Yogyakarta hanya sebagai pelaksana dalam pelaksanaan social marketing program sosialisasi ASI eksklusif yang telah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan kota Yogyakarta. Pelaksanaan social marketing belum maksimal dilakukan karena Puskesmas Danurejan I kota Yogyakarta tidak tepat dalam memilih waktu pelaksanaan program. Media yang digunakan sebagai pendukung dalam social marketing ASI eksklusif menurut peneliti sudah beragam yaitu brosur, lembar balik panduan menyusui, poster, buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), dan buku kelompok pendukung ibu. Pesan yang disampaikan didalamnya juga sudah lengkap dan teratur, mampu menjawab segala kebingungan ibu. Namun yang terjadi di lapangan media yang digunakan belum maksimal dimanfaatkan, karena masih ada beberapa media yang belum diterima sepenuhnya oleh para target sasaran.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian yang menganalisis tentang Social Marketing Puskesmas Danurejan I dalam Mensosialisasikan Program ASI Eksklusif pada Tahun 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengetahui pelaksanaan social marketing dalam program ASI eksklusif Puskesmas Danurejan I kota Yogyakarta, serta untuk mengetahui hambatan dari dalam dan luar yang dialami selama pelaksanaan program ASI eksklusif selama tahun 2014. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pendekatan studi kasus dan jenis penelitian ini deskriptif kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Puskesmas Danurejan I kota Yogyakarta. Sumber data penelitian ini berasal dari hasil wawancara dengan informan, dokumen, dan foto dokumentasi. Uji validitas data menggunakan trianggulasi sumber yang berarti membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Puskesmas Danurejan I kota Yogyakarta hanya sebagai pelaksana dalam pelaksanaan social marketing program sosialisasi ASI eksklusif yang telah ditetapkan oleh Dinas Kesehatan kota Yogyakarta. Pelaksanaan social marketing belum maksimal dilakukan karena Puskesmas Danurejan I kota Yogyakarta tidak tepat dalam memilih waktu pelaksanaan program. Media yang digunakan sebagai pendukung dalam social marketing ASI eksklusif menurut peneliti sudah beragam yaitu brosur, lembar balik panduan menyusui, poster, buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak), dan buku kelompok pendukung ibu. Pesan yang disampaikan didalamnya juga sudah lengkap dan teratur, mampu menjawab segala kebingungan ibu. Namun yang terjadi di lapangan media yang digunakan belum maksimal dimanfaatkan, karena masih ada beberapa media yang belum diterima sepenuhnya oleh para target sasaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFISIPOL UMYen_US
dc.subjectSOCIAL MARKETINGen_US
dc.subjectPUSKESMAS DANUREJAN 1en_US
dc.subjectASI EKSKLUSIFen_US
dc.titlePELAKSANAAN SOCIAL MARKETING PUSKESMAS DANUREJAN I KOTA YOGYAKARTA DALAM MENGKAMPANYEKAN PROGRAM ASI EKSKLUSIF TAHUN 2014en_US
dc.typeThesis SKR FISIP 297en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record