Show simple item record

dc.contributor.advisorORBAYINAH, SALMAH
dc.contributor.authorSAPUTRO, CHAKRA HAADI
dc.date.accessioned2016-11-16T08:40:39Z
dc.date.available2016-11-16T08:40:39Z
dc.date.issued2016-06-28
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/6422
dc.descriptionProblem Based Learning (PBL) merupakan suatu model pembelajaran yang berbasis pada masalah. Masalah tersebut digunakan sebagai stimulus yang mendorong mahasiswa menggunakan pengetahuannya untuk merumuskan sebuah hipotesis.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiaspek belajar mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada metode PBL. Penelitian ini menggunakan desain observasional dengan pendekatan cross sectional (potong lintang). Mahasiswa farmasi UMY angkatan 2012 sebagai responden yang dipilih menggunakan teknik pemilihan Simple Random Sampling. Aspek belajar terdiri dari lima komponen meliputi: aspek motivasi, keaktifan, ketekunan, kemampuan berpikir dan rasa ingin tahu yang dinilai dengan kuisioner. Kuisioner telah dinyatakan valid setelah melewati uji validitas dan reliabilitas dengan hasil nilai r hitung lebih besar dari r tabel (>0,381). Analisa data menggunakan uji deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek belajar pada metode PBL masuk kategori tinggi sebesar 76,79%. Aspek motivasi memiliki persentase sebesar 78,57%, keaktifan 76,78%, ketekunan 75,00%, kemampuan berpikir 73,21%, dan rasa ingin tahu sebesar 80,36%.en_US
dc.description.abstractProblem-based Learning (PBL) is a learning model based on problems. The problems are used as stimulus that encourage students to use their knowledge in formulating hypothesis. This research aims at finding out the learning aspects of students of pharmacy department of university of muhammadiyah Yogyakarta on problem-based learning (PBL). This research used observational design with cross sectional approach. The respondents are the students of Pharmacy Department of UMY batch 2012 were selected using Simple Random Sampling selection techniques. Learning aspects consist of five components; motivation aspect, activity, persistence, thinking ability and curiosity that are marked from the questionnaire. The questionnaire was declared valid after going through validity and reliability test with the result of the value of r count bigger than r table (>0.381). The data analysis used descriptive analytic test. The result of the research indicates that the learning aspects on PBL method are in the high category that is 76,79%. Motivation aspect have a percentage of 78,57%, activity 76,78%, persistence 75,00%, thinking ability 73,21%, curiosity 80,36%.en_US
dc.publisherFKIK UMYen_US
dc.subjectProblem-based Learning (PBL), learning aspect. Problem Based Learning (PBL), aspek belajaren_US
dc.titleASPEK BELAJAR MAHASISWA FARMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA PADA METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL)en_US
dc.typeThesis SKR 313en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record