dc.contributor.advisor | DEWI, ARLINA | |
dc.contributor.author | RAHMAWATI, AMALIA | |
dc.date.accessioned | 2016-11-30T08:25:12Z | |
dc.date.available | 2016-11-30T08:25:12Z | |
dc.date.issued | 2016-11-03 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/6656 | |
dc.description | Health-care Associated Infections (HAIs) merupakan kejadian infeksi yang didapatkan penderita setelah mendapatkan perawatan lebih dari 48 jam di Rumah Sakit yang dapat dicegah. Salah satu cara pencegahannya yaitu melakukan hand hygiene secara benar. Kepatuhan tenaga kesehatan melaksanakan hand hygiene yang masih rendah akan ditingkatkan melalui faktor predisposisi yaitu pengetahuan atau edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi melalui media slide terhadap peningkatan kepatuhan tenaga kesehatan dalam melaksanakan hand hygiene di Klinik Hemodialisis.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian quasy-eksperiment pre-test dan post-test design. Metode pengambilan sampel yang dilakukan adalah dengan total sampling. 11 tenaga kesehatan diteliti mulai dari tanggal 24 Mei hingga 11 Juli 2016 di Klinik Hemodialisis Nitipuran. Penilaian kepatuhan petugas menggunakan checklist 5 Moment Hand Hygiene World Health Organizaton. Edukasi diberikan melalui media slide dan dilakukan selama 1 hari.
Hasil: Didapatkan 283 momen hand hygiene sebelum diberikan perlakuan, sedangkan momen hand hygiene yang dilakukan setelah diberikan perlakuan adalah 277 momen. Kepatuhan tenaga kesehatan meningkat 59,85%, dokter mengalami peningkatan 40,75% dan perawat mengalami peningkatan 49,62%. Berdasarkan perhitungan secara statistik, nilai p 0.000 (<0.05) yang berarti terdapat peningkatan kepatuhan terutama pada momen setelah kontak dengan cairan tubuh.
Kesimpulan: Media slide memiliki pengaruh dalam peningkatan kepatuhan tenaga kesehatan dalam melaksanakan hand hygiene. | en_US |
dc.description.abstract | Background: Health-care Associated Infections (HAIs) are infections acquired within more than 48 hours of hospital care which are easily avoided. A correct hand hygiene technique will prevent infections. The adherence of medical staff in practicing hand hygiene is still relatively low, and can be increased by education. This study is aimed to determine the effect of education using slide media towards the increase of medical staff adherence in practicing hand hygiene at hemodialysis clinic.
Method: This study is an analytical quantitative study with a quasi-experiment pre-test and post-test design. Samples were obtained through total sampling. Eleven health staffs were studied from May 24th to July 11th 2016 in Nitipuran Hemodialysis Clinic. The staff adherence were reviewed with the 5 Moment Hand Hygiene World Health Organization checklist. Education were given using slide media for 1 day.
Results: We observed 283 hand hygiene moments before intervention and 277 moments after intervention. We found an increase of adherence of 59,85%, with an increase in doctors adherence of 40,75% and nurses adherence of 60,29%. Statistical analysis revealed a p value of 0.000 (<0.05), which shows an increase of adherence after contact with bodily fluids.
Conclusion: Slide media has an effect in increasing medical staff adherence in practicing hand hygiene | en_US |
dc.publisher | FKIK UMY | en_US |
dc.subject | hand hygiene, adherence, slide me. hand hygiene, kepatuhan, media slide | en_US |
dc.title | PENGARUH EDUKASI MELALUI MEDIA SLIDE TERHADAP PENINGKATAN KEPATUHAN TENAGA KESEHATAN DALAM MELAKSANAKAN HAND HYGIENE DI KLINIK HEMODIALISIS | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
FKIK
390 | en_US |