dc.contributor.advisor | RASYID, HARYADI ARIEF NUUR | |
dc.contributor.author | ANJASKARA, DIAN INNES | |
dc.date.accessioned | 2016-12-06T07:06:02Z | |
dc.date.available | 2016-12-06T07:06:02Z | |
dc.date.issued | 2016-12 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/6889 | |
dc.description | Pesatnya perkembangan berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter,
Instagram menjadikan Instagram sebagai media jejaring sosial besar dengan
pertumbuhan paling pesat di 2014. Selain itu, diikuti adanya kebutuhan akan
kosmetik yang semakin meningkat dikalangan kaum hawa yang dapat di beli
dengan berbelanja online melalui instagram. Kemudahan berbelanja melalui
instagram menjadikan kosmetik sebagai kebutuhan utama dan keharusan yang
wajib dipakai oleh kaum wanita.
Subjek penelitian adalah mahasiswi FISIPOL UMY yang memiliki
instagram, dan mahasiswi FISIPOL UMY yang belum pernah berbelanja produk
kecantikan melalui instagram sebanyak 100 mahasiswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Ex post facto adalah
suatu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan
kemudian melihat kebelakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat
menimbulkan kejadian tersebut. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Validitas
menggunakan uji CFA dan reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha.
Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap pada media sosial Instagram
berpengaruh terhadap minat belanja melalui Instagram. Sikap positif mahasiswa
FISIPOL UMY ditentukan oleh testimoni percakapan yang terdapat dalam
instagram tersebut. Apabila percakapan atau conversation pada instagram positif
dan banyak direkomendasikan untuk dibeli, maka akan membentuk sikap
konsumen yang positif sehingga konsumen akan tertarik dengan merek tersebut
dan membelinya. Sementara apabila conversation yang terpapar pada instagram
tersebut negatif maka sikap mahasiswi FISIPOL UMY juga akan negatif dan tentu
saja testimoni tersebut dapat melemahkan merek dan bahkan mendorong orang
lain untuk tidak membeli merek tersebut. Sikap positif mahasiswa FISIPOL UMY
menunjukkan ketertarikan suatu produk di media sosial instagram dan
membelinya. Sedangkan, pada sikap negatif mahasiswi FISIPOL UMY maka
konsumen tidak akan tertarik atau berminat untuk membeli merek tersebut. | en_US |
dc.description.abstract | The rapid development of a wide range of social media such as Facebook, Twitter,
Instagram Instagram as the media makes a big social network with the most rapid
growth in 2014. In addition, followed by the need for cosmetic increasing among
women who may be purchased by shopping online via instagram. Convenience of
shopping via instagram make cosmetics as a primary need and necessity that must
be worn by women. This type of research is ex post facto research. Ex post facto
is a study conducted to investigate the events that have occurred and then look
back to find out the factors that may cause the incident. The sampling technique
used purposive sampling technique. Samples are FISIPOL UMY student who has
instagram, and student FISIPOL UMY who have never shopped beauty products
via instagram many as 100 students. The technique of collecting data using
questionnaires. The validity of using CFA and reliability test using Cronbach
alpha formula. Data were analyzed using simple regression analysis. The results
showed that attitudes in social media Instagram effect on interest in shopping via
Instagram. A positive attitude is determined by the student FISIPOL UMY
conversation testimony contained in the instagram. If the conversation or
conversations on instagram positive and widely recommended for purchase, it will
form a positive consumer attitudes so that consumers will be attracted to the brand
and buy it. While the conversation when exposed to the negative instagram then
FISIPOL UMY student attitude will be negative and of course the testimony can
weaken the brand and even encourage others not to buy the brand. A positive
attitude FISIPOL UMY students showed interest in a product in social media
instagram and buy it. Meanwhile, the negative attitude coed FISIPOL UMY then
consumers will not be interested or interested in buying the brand. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA | en_US |
dc.subject | SIKAP | en_US |
dc.subject | MINAT BELI | en_US |
dc.subject | INSTAGRAM | en_US |
dc.title | PENGARUH SIKAP PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MINAT BELI PRODUK KECANTIKAN MELALUI INSTAGRAM (STUDI KASUS PADA KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI MELALUI SITUS INSTAGRAM) | en_US |
dc.title.alternative | ATTITUDE INFLUENCE ON SOCIAL MEDIA INSTAGRAM AGAINST INTERESTS BUY BEAUTY PRODUCTS THROUGH INSTAGRAM (A CASE STUDY OF CONSUMER INTERESTS TO BUY THROUGH SITE INSTAGRAM) | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
421 | en_US |