dc.contributor.advisor | SETIAWAN, HARIS | |
dc.contributor.advisor | ISNANDA, REZA GIGA | |
dc.contributor.author | FEBRIANTO, JOKO | |
dc.date.accessioned | 2016-12-08T08:00:17Z | |
dc.date.available | 2016-12-08T08:00:17Z | |
dc.date.issued | 2016-08-22 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7056 | |
dc.description | Menolong orang tenggelam membutuhkan respon atau penanganan
sesegera mungkin dengan tidak melupakan faktor keselamatan diri sendiri (safety
self). Teknik penyelamatan yang baik dan benar tidak hanya mempermudah
penolong dalam melakukan penyelamatan namun juga dapat menjamin
keselamatan penolong tersebut.
Kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang cara
menolong orang tenggelam akan mengakibatkan kepanikan saat menghadapi situasi
keadaan darurat dan akan memberikan pertolongan yang salah yang dapat
membahayakan keselamatan korban dan keselamatan diri sendiri.
Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah game berbasis
Desktop berjudul Water Rescue sebagai sarana edukasi guna meningkatkan
pengetahuan dan pemahaman anak-anak mengenai cara menolong orang
tenggelam. Setelah pengetahuannya meningkat, masyarakat dapat menghadapi
situasi atau keadaan darurat tanpa kepanikan dan dapat memberikan pertolongan
yang benar tanpa membahayakan diri sendiri.
Berdasarkan hasil pengujian pre-test dan post-test yang dilakukan
sebelum dan sesudah anak bermain game Water Rescue, dapat disimpulkan
bahwa game Water Rescue berhasil meningkatkan pengetahuan anak tentang
menolong orang tenggelam. Hal ini terbukti melalui nilai tes mereka yang
cenderung meningkat sesudah memainkan game tersebut. | en_US |
dc.description.abstract | Save a drowning person requires immediate response or handling without
forgetting about self safety factor. A good and correct rescue technique does not
just ease the rescuer in performing a rescue but it also ensures the safety of the
rescuers.
The society lack of knowledge and understanding about the ways of helping
a drowning person will lead to panic when faced with an emergency situation and
will lead to an incorrect rescue method that could endanger the safety of the victim
as well as the rescuer themselves.
The purpose of this research is to develop a desktop-based game titled Water
Rescue as a learning tool to increase the knowledge and understanding of children
about how to save a drowning person. With better knowledge, society will be able
to face emergency situations or conditions without panic and will be able to provide
proper help without endangering themselves.
Based on the pre-test and post-test evaluation done before and after children
have played the Water Rescue game, it can be concluded that the Water Rescue
game has succeeded in increasing the children's knowledge on save a drowning
person. This is proven through their test scores that tend to increase after playing
the game. | en_US |
dc.publisher | FT UMY | en_US |
dc.subject | Water Rescue, Educational Games, Flash Game, Pre-test, post-test. Water Rescue, Game Edukasi, Flash Game, Pre-test, Post-test. | en_US |
dc.title | PENGEMBANGAN APLIKASI GAME WATER RESCUE BERBASIS ADOBE FLASH SEBAGAI SARANA EDUKASI BAGI ANAK TENTANG CARA MENOLONG ORANG TENGGELAM | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |