Show simple item record

dc.contributor.advisorKUSNENDAR, MUHAMAD
dc.contributor.advisorWAHYUNI, YULI
dc.contributor.authorPERTIWI, DIPAYANA
dc.date.accessioned2016-12-13T07:23:26Z
dc.date.available2016-12-13T07:23:26Z
dc.date.issued2016-08-01
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7163
dc.descriptionPelafalan bahasa Jepang berbeda dengan pelafalan bahasa Indonesia sehingga banyak pembelajar bahasa Jepang yang masih kesulitan dalam melafalkan bunyi dalam bahasa Jepang terutama pada pelafalan ん (N). Meskipun kesalahan pelafalan tidak berpengaruh pada perubahan makna, tetapi dengan pelafalan yang baik dapat meningkatkan kemampuan berbahasa terutama dalam kemampuan berbicara. Oleh karena itu, penelitian tentang kesalahan pelafalan konsonan ん perlu dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analisis kesalahan berbahasa dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan angket. Sampel penelitian yaitu mahasiswa tingkat I angkatan 2015 kelas A Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang UMY yang berjumlah 21 orang. Teknik pengambilan data pada penelitian ini yaitu dengan cara merekam pelafalan sampel satu persatu ketika melafalkan soal tes yang berupa daftar kosakata dan kalimat yang berbunyi ん (N), lalu melafalkan soal tersebut kemudian rekaman tersebut dianalisis. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) tipe kesalahan yang sering terjadi pada pembelajar bahasa Jepang UMY ketika melafalkan konsonan んyaitu pada jenis bunyi (Ň), 2) faktor penyebab sering terjadinya kesalahan tersebut yaitu karena durasi belajar responden yang rata-rata baru mempelajari bahasa Jepang kurang dari satu tahun sehingga pemahaman terhadap jenis-jenis pelafalan konsonan ん (N) masih kurang.en_US
dc.description.abstractPelafalan bahasa Jepang berbeda dengan pelafalan bahasa Indonesia sehingga banyak pembelajar bahasa Jepang yang masih kesulitan dalam melafalkan bunyi dalam bahasa Jepang terutama pada pelafalan ん (N). Meskipun kesalahan pelafalan tidak berpengaruh pada perubahan makna, tetapi dengan pelafalan yang baik dapat meningkatkan kemampuan berbahasa terutama dalam kemampuan berbicara. Oleh karena itu, penelitian tentang kesalahan pelafalan konsonan ん perlu dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analisis kesalahan berbahasa dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan angket. Sampel penelitian yaitu mahasiswa tingkat I angkatan 2015 kelas A Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang UMY yang berjumlah 21 orang. Teknik pengambilan data pada penelitian ini yaitu dengan cara merekam pelafalan sampel satu persatu ketika melafalkan soal tes yang berupa daftar kosakata dan kalimat yang berbunyi ん (N), lalu melafalkan soal tersebut kemudian rekaman tersebut dianalisis. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) tipe kesalahan yang sering terjadi pada pembelajar bahasa Jepang UMY ketika melafalkan konsonan んyaitu pada jenis bunyi (Ň), 2) faktor penyebab sering terjadinya kesalahan tersebut yaitu karena durasi belajar responden yang rata-rata baru mempelajari bahasa Jepang kurang dari satu tahun sehingga pemahaman terhadap jenis-jenis pelafalan konsonan ん (N) masih kurang.en_US
dc.publisherFAKULTAS PENDIDIKAN BAHASA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.subjectAnalisis Kesalahan, Pelafafalan ん, Bahasa Jepangen_US
dc.titleANALISIS KESALAHAN PELAFALAN KONSONAN んPADA MAHASISWA TINGKAT I KELAS A ANGKATAN 2015 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesis SKR 18en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record