Show simple item record

dc.contributor.advisorRASYID, HARYADI ARIEF NUUR
dc.contributor.authorERNANINGSIH, MARTINA
dc.date.accessioned2016-12-23T08:57:02Z
dc.date.available2016-12-23T08:57:02Z
dc.date.issued2016-12-19
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7442
dc.descriptionPertumbuhan radio dari masa ke masa sangat pesat, hal ini mengakibatkan tingkat persaingan yang tinggi antar radio di jogja. Terlebih lagi persaingan antar radio anak muda yang memiliki target sasaran yang sama. Sejak awal berdiri JIZ FM sudah memutuskan untuk ikut bersaing dengan radio anak muda yang ada di jogja. JIZ FM ingin memenuhi kebutuhan yang sesuai dengan keinginan anak muda. JIZ FM salah satu radio anak muda yang juga memiliki dan mengandalkan Positioning yang kuat untuk identitasnya, dan menjadikan musik sebagai fokus utama untuk JIZ FM. Peneliti ingin mendiskripsikan peran program director dalam mempertahankan positioning JIZ FM. Program Director salah satu orang terpenting di JIZ FM dalam mengendalikan apa yang akan diberikan dan siarankan JIZ FM. Dengan mengandalkan target sasaran usia 14-24 tahun yang dimana banyak anak usia itu sedang menempuh pendidikan di kota jogja. JIZ FM memiliki positioning pada kalimat ”Best Indonesia Music” yang dikuatkan dengan tagline ”Musik Terbaik Pilihanmu” dalam mengaplikasikan positioningnya JIZ FM menggunakan musik dan program yang dikonsep dengan Fun, Young and Local. Dalam program acara JIZ FM Program Director harus mampu dan bisa memasukkan unsur positioningnya kedalam program dan harus bisa menyelaraskan kebutuhan program dan musik pendengar JIZ FM. Program Director tidak boleh lengah terhadap apa yang menjadi kebutuhan pendengar JIZ FM harus selalu memantau ketika JIZ FM melakukan siaran dan memantau radio anak muda pesainngya. Hal ini dilakukan untuk selalu memonitoring positioningnya apakah sudah tepat dalam mengaplikasikan serta bisa dijadikan bahan evaluasi untuk Program Director agar selalu berinovasi terhadap seluruh aspek. Dapat diambil kesimpulan bahwa dalam mempertahankan positioning Program Director membutuhkan ketelitian, konsistensi dan inovasi yang tidak menghilangkan positioningnya dan tetap mempertahankan JIZ FM sebagai radio anak muden_US
dc.description.abstractYear by year, the radio was growth faster. It was resulted a high level competition among radios in Yogyakarta. Moreover, the competition that created by radios for teen, have the same goals. Since it was established, JIZ FM has decided to compete with other radios for teen in Jogjakarta. JIZ FM wants to meet the needs in accordance with the desire of teen people. JIZ FM is a radio for teen that has strong and rely positioning for their identity, and making the music as the main the main focus for JIZ FM. The researcher want to describe the role of Program Director in maintain the positioning of JIZ FM. Program Director is an important people in JIZ FM in controlling what will be provided and broadcasted in JIZ FM. By relying the target age of 14-24 years where in that ages, many teenagers are studying in Yogyakarta. JIZ FM has the positioning on a phrase “Best Indonesian Music” and boosted with the tagline “Best Music Pilihanmu”. In applying of their positioning, JIZ FM uses music and program which drafted with Fun, Young and Local. The music that provided from any Top Teen genres are requiring of carefulness in selecting the music, because not all the music can be played in JIZ FM playlist. In the event program of JIZ FM, Program Director must be capable and able to enter into the positioning elements of the program and able to align the programs with music listeners of JIZ FM. Program Director must not be unaware to what the needs of JIZ FM listeners and should monitories every single broadcasting of JIZ FM, while monitories other teen radio competitors. All these things were done constantly to monitories their positioning, whether it was appropriated for the application and can be used for evaluation, then Program Director should always innovate in all aspectsen_US
dc.publisherFISIP UMYen_US
dc.subjectPositioning, Program Director, Radio for Teen JIZ FM. : Positioning, Program Director, Radio Anak Muda JIZ FMen_US
dc.titlePERAN PROGRAM DIRECTOR DALAM MEMPERTAHANKAN POSITIONING JIZ 89.5 FM SEBAGAI RADIO ANAK MUDAen_US
dc.typeThesis SKR 534en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record