Show simple item record

dc.contributor.authorANGGRAINI, AULIYA TRY
dc.date.accessioned2016-12-29T06:24:56Z
dc.date.available2016-12-29T06:24:56Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7689
dc.descriptionAdapun yang melatar belakangi penelitian ini dalam hal aksesibilitas, ketersediaan sarana dan prasarana yang ramah di bidang transportasi bagi disabilitas saat ini masih sangat terbatas khususnya Yogyakarta dikarenakan secara keseluruhan sarana dan prasarana yang dilakukan belum optimal. permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini, pertama bagaimana inovasi pelayanan publik bidang trasnportasi untuk disabilitas. Kedua, bagaimana standar pelayanan yang dilakukan oleh difa city tour. Ketiga faktor-faktor penghambat inovasi bidang transportasi bagi disabilitas oleh Difa Tour City Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan inovasi yang dilakukan, standar pelayanan serta kendala-kendala oleh Difa City Tour. Lokasi penelitian ini dilakasanakan di kantor Difa City Tour tepatnya di Pakualaman, Yogyakarta.Teknik pengumpulan data yang digunakn dengan metode wawancara dan dokumentasi. Inovasi bidang transportasi di Kota Yogyakarta yang lebih memoblisasi penyandang disabilitas dalam menyediakan pelayanan publik dengan menciptakan inovasi berupa fasilitas transportasi dengan kendaraan bermotor roda tiga yang didesain khusus sesuai kebutuhan disabilitas oleh Difa City Tour. Pelayanan publik bidang transportasi tersebut dibuat dengan sistem online atau berbasis teknologi. Pelayanan yang dilakukan oleh Difa City Tour terhadap pengguna jasa layanan khususnya bagi disabilitas memiliki beberapa item yang sesuai berdasarkan Kemenpan No 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Akan tetapi masih terdapat ketidaksesuaian mengenai standar pelayanan yang dibuat. Dalam melakukan inovasi Difa City Tour mengalami kendala-kendala dalam proses implementasi baik dari kendala internal maupun eksternal. Penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi ini memiliki keunggulan yang unik,ramah,nyaman dan juga salah satu solusi mengurangi permasalahan bagi disabilitas yang masih kesulitan dalam mengakses sarana transportasi sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi disabilitas.masyarakat menyambut positif dengan adanya pembaruan bidang trasnportasi ini. Pemerintah kota Yogyakarta seharusnya dapat mendukung dan lebih memperhatikan hak disabilitas dalam mengakses transportasi umum dengan adanya inovasi pelayanan publik bagi disabilitas, peran pemerintah dalam penyeleggaraan pelayanan publik juga harus melibatkatkan kerja sama yang padu antar instansi pemerintah, peran swasta serta masyarakat, Sedangkan Difa Citr Tour dapat lebih memperbanyak armada serta merealisasikan penembangan perencanaan inovasi bidang trasnportasi bagi disabilitas ke kota-kota lainnyaen_US
dc.description.abstractAdapun yang melatar belakangi penelitian ini dalam hal aksesibilitas, ketersediaan sarana dan prasarana yang ramah di bidang transportasi bagi disabilitas saat ini masih sangat terbatas khususnya Yogyakarta dikarenakan secara keseluruhan sarana dan prasarana yang dilakukan belum optimal. permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini, pertama bagaimana inovasi pelayanan publik bidang trasnportasi untuk disabilitas. Kedua, bagaimana standar pelayanan yang dilakukan oleh difa city tour. Ketiga faktor-faktor penghambat inovasi bidang transportasi bagi disabilitas oleh Difa Tour City Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif untuk menggambarkan inovasi yang dilakukan, standar pelayanan serta kendala-kendala oleh Difa City Tour. Lokasi penelitian ini dilakasanakan di kantor Difa City Tour tepatnya di Pakualaman, Yogyakarta.Teknik pengumpulan data yang digunakn dengan metode wawancara dan dokumentasi. Inovasi bidang transportasi di Kota Yogyakarta yang lebih memoblisasi penyandang disabilitas dalam menyediakan pelayanan publik dengan menciptakan inovasi berupa fasilitas transportasi dengan kendaraan bermotor roda tiga yang didesain khusus sesuai kebutuhan disabilitas oleh Difa City Tour. Pelayanan publik bidang transportasi tersebut dibuat dengan sistem online atau berbasis teknologi. Pelayanan yang dilakukan oleh Difa City Tour terhadap pengguna jasa layanan khususnya bagi disabilitas memiliki beberapa item yang sesuai berdasarkan Kemenpan No 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Akan tetapi masih terdapat ketidaksesuaian mengenai standar pelayanan yang dibuat. Dalam melakukan inovasi Difa City Tour mengalami kendala-kendala dalam proses implementasi baik dari kendala internal maupun eksternal. Penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi ini memiliki keunggulan yang unik,ramah,nyaman dan juga salah satu solusi mengurangi permasalahan bagi disabilitas yang masih kesulitan dalam mengakses sarana transportasi sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi disabilitas.masyarakat menyambut positif dengan adanya pembaruan bidang trasnportasi ini. Pemerintah kota Yogyakarta seharusnya dapat mendukung dan lebih memperhatikan hak disabilitas dalam mengakses transportasi umum dengan adanya inovasi pelayanan publik bagi disabilitas, peran pemerintah dalam penyeleggaraan pelayanan publik juga harus melibatkatkan kerja sama yang padu antar instansi pemerintah, peran swasta serta masyarakat, Sedangkan Difa Citr Tour dapat lebih memperbanyak armada serta merealisasikan penembangan perencanaan inovasi bidang trasnportasi bagi disabilitas ke kota-kota lainnyaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFISIPOL UMYen_US
dc.subjectINOVASI PELAYANAN PUBLIKen_US
dc.subjectTRANSPORTASIen_US
dc.subjectPENYANDANG DISABILITASen_US
dc.subjectDIFA CITY TOUR KOTA YOGYAKARTAen_US
dc.titleINOVASI PELAYANAN PUBLIK BIDANG TRANSPORTASI UNTUK PENYANDANG DISABILITAS OLEH DIFA CITY TOUR KOTA YOGYAKARTAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record