Show simple item record

dc.contributor.advisorWAHYUDI
dc.contributor.advisorNURCAHYADI, TEDDY
dc.contributor.authorYANTORO, DWI
dc.date.accessioned2017-01-02T03:31:31Z
dc.date.available2017-01-02T03:31:31Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7760
dc.descriptionBahan bakar alternatif dapat menjadi pilihan untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang semakin menipis. Penggunaan ethanol sebagai campuran bahan bakar dapat meningkatkan angka oktan pada bulan bahan bakar sehingga pembakaran lebih sempurna. Pada sistem pengapian CDL, timing pengapian sangatlah penting untuk mendapatkan waktu yang tepat dalam proses pembakaran bahan bakar di dalam ruang bakar. Proses pembakaran yang lebih baik perlu dilakukan perubahan timing pengapian dengan penggantian CDI racing serta memperpanjang trigger pada magnet yang sudah disesuaikan dengan CDI racing,maka dilakukanlah penelitian penggunaan bahan bakar campuran premium-ethanol dengan kandungan ethanol 10 % pada motor bensin 4 langkah 100 cc dengan variasi timing pengapian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi CDI racing torsi dan daya lebih tinggi dibandingkan pada kondisi CDI standard. Pada kondisi CDI standar konsumsi bahan bakar lebih rendah dari pada kondisi CDI racing.en_US
dc.description.abstractBahan bakar alternatif dapat menjadi pilihan untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang semakin menipis. Penggunaan ethanol sebagai campuran bahan bakar dapat meningkatkan angka oktan pada bulan bahan bakar sehingga pembakaran lebih sempurna. Pada sistem pengapian CDL, timing pengapian sangatlah penting untuk mendapatkan waktu yang tepat dalam proses pembakaran bahan bakar di dalam ruang bakar. Proses pembakaran yang lebih baik perlu dilakukan perubahan timing pengapian dengan penggantian CDI racing serta memperpanjang trigger pada magnet yang sudah disesuaikan dengan CDI racing,maka dilakukanlah penelitian penggunaan bahan bakar campuran premium-ethanol dengan kandungan ethanol 10 % pada motor bensin 4 langkah 100 cc dengan variasi timing pengapian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi CDI racing torsi dan daya lebih tinggi dibandingkan pada kondisi CDI standard. Pada kondisi CDI standar konsumsi bahan bakar lebih rendah dari pada kondisi CDI racing.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFT UMYen_US
dc.subjectETHANOL 10%en_US
dc.subjectCAMPURAN PREMIUM-ETHANOLen_US
dc.subjectMOTOR BENSIN 4 LANGKAH 100 ccen_US
dc.subjectTIMING PENGAPIANen_US
dc.subjectKAJIAN EKSPERIMENTALen_US
dc.titleKAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH VARIASI TIMING PENGAPIAN TERHADAP KINERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 100 cc BERBAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM-ETHANOL DENGAN KANDUNGAN ETHANOL 10%en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record