Show simple item record

dc.contributor.advisorSUSWANTA, SUSWANTA
dc.contributor.authorRUDIYANTO
dc.date.accessioned2017-01-04T02:48:47Z
dc.date.available2017-01-04T02:48:47Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/7813
dc.descriptionSkripsi ini merupakan penelitian tentang kinerja Pelayanan aparatur birokrasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi secara lebih khusus membahas mengenai kinerja pelayanan pada Bidang Penempatan Tenaga kerja dan Perluasan kerja yang ada didalam Struktural dinas tenaga kerja dan transmigrasi Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarata. dalam menjalankan fungsinya Dinas tenaga kerja dan transmigrasi memiliki tugas untuk melakukan identifikasi serta memfasilitasi hal-hal yang berkaitan dengan Masalah Ketenagakerjaan di Kabupaten Bantul. Mengingat Kabupaten bantul menjadi salah satu daerah dengan tingkat penganguran tertinggi setelah Kota Yogyakarta dan Kabupaten sleman. Tentu dalam melakukan tugas pokok dan fungsi Dinas Tenaga kerja dan transmigrasi memberikan pelayanan kepada Masyarakat berupa pelayanan operasional dan Prosedural. Penelitian ini merupakan Penelitian lapangan ( field research), yang didukung oleh wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. adapun analisis data yang digunakan adalah analisis data Deskritif Kualitatif yaitu suatu penelitian yang menggambarakan atau melukiskan suatu peristiwa untuk diambil kesimpulan secara umum. Hasil penelitian menunjukan bahwa dinas tenaga kerja dan transmigrasi kabupaten bantul terkait implementasi Tugas dan fungsinya dalam bidang pelayanan sudah mampu memberikan pelayanan dengan baik sesuai dan baik, dengan bukti data dari indeks kepuasan masyarakat dan penilaian yang sudah dilakukan oleh Pemerintah daerah kabupaten bantul. Terutama pada fokus subyek penelitian ini yaitu Bidang Penempatan Tenaga kerja dan perluasan tenaga kerja, dalam realisasi berbagai program sudah mampu terlaksana. Namun masih banyak kendala yang menjadi permasalahan mendasar untuk terus diperbaiki seperti dalam melaksanakan tugas fungsi dalammengoptimalisasi Penempatan tenaga kerja yang ada di kabupaten bantul serta kebutuhan perluasankerja yang masih menjadi bagian kendala pencari kerja di Kabupaten bantul. Pelayanan yang secara langsung diberikan kepada masyarakatberkaitan dengan aspek wujud, keandalan, perhatian, jaminan dan empati sudah terealisasi dengan cukup baik meskipun masih banyak kondisi dan keadan yang belum spenuhnya reprsentatif terutama pada aspek tangible karena pada aspek ini menjadi aspek penting mengingat sangat berpengaruh dalam mewujudkan kinerja aparatur birokrasi dengan maksimal. berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan menjadi kajian penting sebagi bahan referensi untuk memperbaiki berbagai kekurangan dan permasalahan yang ada di dinas tenaga kerja dan Transmigrasi kabupaten bantul.en_US
dc.description.abstractSkripsi ini merupakan penelitian tentang kinerja Pelayanan aparatur birokrasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi secara lebih khusus membahas mengenai kinerja pelayanan pada Bidang Penempatan Tenaga kerja dan Perluasan kerja yang ada didalam Struktural dinas tenaga kerja dan transmigrasi Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarata. dalam menjalankan fungsinya Dinas tenaga kerja dan transmigrasi memiliki tugas untuk melakukan identifikasi serta memfasilitasi hal-hal yang berkaitan dengan Masalah Ketenagakerjaan di Kabupaten Bantul. Mengingat Kabupaten bantul menjadi salah satu daerah dengan tingkat penganguran tertinggi setelah Kota Yogyakarta dan Kabupaten sleman. Tentu dalam melakukan tugas pokok dan fungsi Dinas Tenaga kerja dan transmigrasi memberikan pelayanan kepada Masyarakat berupa pelayanan operasional dan Prosedural. Penelitian ini merupakan Penelitian lapangan ( field research), yang didukung oleh wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. adapun analisis data yang digunakan adalah analisis data Deskritif Kualitatif yaitu suatu penelitian yang menggambarakan atau melukiskan suatu peristiwa untuk diambil kesimpulan secara umum. Hasil penelitian menunjukan bahwa dinas tenaga kerja dan transmigrasi kabupaten bantul terkait implementasi Tugas dan fungsinya dalam bidang pelayanan sudah mampu memberikan pelayanan dengan baik sesuai dan baik, dengan bukti data dari indeks kepuasan masyarakat dan penilaian yang sudah dilakukan oleh Pemerintah daerah kabupaten bantul. Terutama pada fokus subyek penelitian ini yaitu Bidang Penempatan Tenaga kerja dan perluasan tenaga kerja, dalam realisasi berbagai program sudah mampu terlaksana. Namun masih banyak kendala yang menjadi permasalahan mendasar untuk terus diperbaiki seperti dalam melaksanakan tugas fungsi dalammengoptimalisasi Penempatan tenaga kerja yang ada di kabupaten bantul serta kebutuhan perluasankerja yang masih menjadi bagian kendala pencari kerja di Kabupaten bantul. Pelayanan yang secara langsung diberikan kepada masyarakatberkaitan dengan aspek wujud, keandalan, perhatian, jaminan dan empati sudah terealisasi dengan cukup baik meskipun masih banyak kondisi dan keadan yang belum spenuhnya reprsentatif terutama pada aspek tangible karena pada aspek ini menjadi aspek penting mengingat sangat berpengaruh dalam mewujudkan kinerja aparatur birokrasi dengan maksimal. berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan menjadi kajian penting sebagi bahan referensi untuk memperbaiki berbagai kekurangan dan permasalahan yang ada di dinas tenaga kerja dan Transmigrasi kabupaten bantul.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFISIPOL UMYen_US
dc.subjectKINERJA PELAYANANen_US
dc.subjectAPARATUR BIROKRASIen_US
dc.titleKINERJA PELAYANAN APARATUR BIROKRASI BIDANG PENEMPATAN TENAGA KERJA DAN PERLUASAN KERJA STUDI KASUS DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN BANTUL TAHUN 2015 Olehen_US
dc.typeThesis SKR 438en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record