Show simple item record

dc.contributor.advisorNURCAHYADI, TEDDY
dc.contributor.advisorSANTOSO, TITO HADJI AGUNG
dc.contributor.authorSHIDDIQI, M. HASBI ASH
dc.date.accessioned2017-01-11T05:55:45Z
dc.date.available2017-01-11T05:55:45Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8110
dc.descriptionSetelah dilakukannya penelitian,diketahui bahwa setiap busi mempunyai ukuran, kestabilan, warna dan karakteristik percikan bunga api yang berbeda-beda. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan variasi busi terhadap karakteristik percikan bunga api dan kinerja motor Honda Karisma 125 cc perlu dilakukan penelitian yang akurat. Untuk mengetahui pengaruh variasi busi tersebut perlu dilakukan pengujian dengan menggunakan sepeda motor 4 langkah Honda Karisma 125 cc. Pengujian dilakukan dengan menggunakan bahan bakar Pertamax. Pengujian ini untuk mencari unjuk kerja mesin 4 langkah meliputi torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar. Serta membandingkan unjuk kerja kondisi diatas. Hasil pengujian percikan bunga api busi Denso IU27 termasuk busi yang paling baik dibandingkan 7 busi lainnya. Untuk hasil torsi menunjukkan bahwa busi Denso standar memiliki nilai torsi tertinggi sebesar 11,14 N.m pada putaran terendah 4428 rpm, sedangkan hasil daya tertinggi dihasilkan oleh busi Autolite (9,2 HP) pada putaran 6738 rpm. Busi NGK CPR6GP merupakan busi yang paling sedikit mengkonsumsi bahan bakar untuk menempuh jarak 1.5 km dengan menghabiskan bahan bakar 21,1 ml pada putaran mesin 4000 s/d 7000 rpm. Mengacu dari pengujian tersebut maka busi denso iridium merupakan busi yang paling tepat untuk digunakan pada motor Honda Karisma X 125 cc.en_US
dc.description.abstractSetelah dilakukannya penelitian,diketahui bahwa setiap busi mempunyai ukuran, kestabilan, warna dan karakteristik percikan bunga api yang berbeda-beda. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan variasi busi terhadap karakteristik percikan bunga api dan kinerja motor Honda Karisma 125 cc perlu dilakukan penelitian yang akurat. Untuk mengetahui pengaruh variasi busi tersebut perlu dilakukan pengujian dengan menggunakan sepeda motor 4 langkah Honda Karisma 125 cc. Pengujian dilakukan dengan menggunakan bahan bakar Pertamax. Pengujian ini untuk mencari unjuk kerja mesin 4 langkah meliputi torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar. Serta membandingkan unjuk kerja kondisi diatas. Hasil pengujian percikan bunga api busi Denso IU27 termasuk busi yang paling baik dibandingkan 7 busi lainnya. Untuk hasil torsi menunjukkan bahwa busi Denso standar memiliki nilai torsi tertinggi sebesar 11,14 N.m pada putaran terendah 4428 rpm, sedangkan hasil daya tertinggi dihasilkan oleh busi Autolite (9,2 HP) pada putaran 6738 rpm. Busi NGK CPR6GP merupakan busi yang paling sedikit mengkonsumsi bahan bakar untuk menempuh jarak 1.5 km dengan menghabiskan bahan bakar 21,1 ml pada putaran mesin 4000 s/d 7000 rpm. Mengacu dari pengujian tersebut maka busi denso iridium merupakan busi yang paling tepat untuk digunakan pada motor Honda Karisma X 125 cc.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UMYen_US
dc.subjectBUSIen_US
dc.subjectTORSIen_US
dc.subjectDAYA DAN BAHAN BAKAR PERTAMAXen_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN VARIASI 8 BUSI TERHADAP KARAKTERISTIK PERCIKAN BUNGA API DAN KINERJA SEPEDA MOTOR HONDA KARISMA X 125 CC BERBAHAN BAKAR PERTAMAXen_US
dc.typeThesis SKR 375en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record