Show simple item record

dc.contributor.advisorDIAN SETIAWAN
dc.contributor.advisorSRI ATMAJA P. ROSYIDI
dc.contributor.authorSETIAWAN, BUDI
dc.date.accessioned2017-01-17T01:34:50Z
dc.date.available2017-01-17T01:34:50Z
dc.date.issued2016-12
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8472
dc.descriptionKereta Api merupakan salah satu moda transportasi yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Pada zaman modern ini kebutuhan akan moda transportasi yang mampu mengangkut barang dan penumpang dalam jumlah yang banyak dan dengan meminimalisir pengeluaran BBM dan biaya lainnya sangat dibutuhkan, kereta api bisa menjadi salah satu solusinya. Dengan potensi sumber daya alam Provinsi Lampung mulai dari pertanian, perkebunan, hingga batu bara maka dengan moda transportasi yang memadai dalam distribusi hasil bumi tersebut maka akan berpengaruh terhadap perekenomian Provinsi Lampung. Pada studi DED kali ini akan membahas perencanaan dan perancangan jalur kereta api jalur ganda pada provinsi Lampung yang berlokasi pada Stasiun Sulusuban sampai Stasiun Kalibalangan yang berjarak 16,4 km. Dalam studi ini dilakukan perancangan struktur jalan rel, perancangan geometri, desain lay out, desain emplasemen, dan desain potongan jalan rel,serta estimasi volume pekerjaan, dan menyusun rencana anggaran biaya kontruksi jalan rel. Konstruksi jalan rel mengacu pada peraturan PM. Nomor 60 tahun 2012 dan PD. Nomor 10 tahun 1986. Dalam prosesnya metodologi yang digunakan adalah pengumpulan data-data primer dan sekunder, identifikasi masalah, studi literatur, dan analisa data perencanaan berupa analisa jalur trase, alinemen horizontal, dan alinemen vertikal yang terdapat pada jalan rel studi. Hasil yang diperoleh pada studi tugas akhir ini adalah dipilihnya kelas jalan 1 sebagai kelas jalan rencana, dengan kriteria desain antara lain yaitu kecepatan rencana 120 km/jam, beban gandar 18 ton, kecepatan pada emplasemen 45 km/jam. Struktur atas jalan rel yang digunakan yaitu, rel tipe R54, penambat elastis ganda tipe Pandrol E – Clips, penyambung rel dengan baut dan mur dengan ketentuan kuat tarik 85 kg/mm, pertambahan panjang 12%, dan menggunakan 6 baut dengan mur, dipilih dimensi bantalan beton dengan panjang 2000 mm, dengan penampang 260 mm x 220 mm x 150 mm, sedangkan pada struktur bawah jalan rel dipilih dimensi balas dengan tebal 30 cm, bahu balas 60 cm, dengan kemiringan 1:2, dan sub – balas dengan tebal 50 cm, bahu 60 cm, dan kemiringan 1:2. Pada perancangan geometri terdapat 5 lengkung horizontal dengan jari-jari minimum 780 m, dengan ketentuan kecepatan operasi yaitu 90 km/jam untuk setiap tikungannya. Pada lengkung vertikal terdapat 9 lengkung, dengan kelandaian maksimal adalah 7,18 pada daerah turunan. Dari hasil perhitungan dengan gambar potongan diperoleh nilai galian 2.395.126 m3 dan timbunan sebesar 2.295 m3. Rencana anggaran biaya yang dihabiskan dalam studi tugas akhir ini adalah sekitar Rp 722.949.000.000,00, apabila dirata – ratakan maka didapatkan baiya sebesar Rp 44.083.000.000,00 per km.en_US
dc.description.abstractKereta Api merupakan salah satu moda transportasi yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Pada zaman modern ini kebutuhan akan moda transportasi yang mampu mengangkut barang dan penumpang dalam jumlah yang banyak dan dengan meminimalisir pengeluaran BBM dan biaya lainnya sangat dibutuhkan, kereta api bisa menjadi salah satu solusinya. Dengan potensi sumber daya alam Provinsi Lampung mulai dari pertanian, perkebunan, hingga batu bara maka dengan moda transportasi yang memadai dalam distribusi hasil bumi tersebut maka akan berpengaruh terhadap perekenomian Provinsi Lampung. Pada studi DED kali ini akan membahas perencanaan dan perancangan jalur kereta api jalur ganda pada provinsi Lampung yang berlokasi pada Stasiun Sulusuban sampai Stasiun Kalibalangan yang berjarak 16,4 km. Dalam studi ini dilakukan perancangan struktur jalan rel, perancangan geometri, desain lay out, desain emplasemen, dan desain potongan jalan rel,serta estimasi volume pekerjaan, dan menyusun rencana anggaran biaya kontruksi jalan rel. Konstruksi jalan rel mengacu pada peraturan PM. Nomor 60 tahun 2012 dan PD. Nomor 10 tahun 1986. Dalam prosesnya metodologi yang digunakan adalah pengumpulan data-data primer dan sekunder, identifikasi masalah, studi literatur, dan analisa data perencanaan berupa analisa jalur trase, alinemen horizontal, dan alinemen vertikal yang terdapat pada jalan rel studi. Hasil yang diperoleh pada studi tugas akhir ini adalah dipilihnya kelas jalan 1 sebagai kelas jalan rencana, dengan kriteria desain antara lain yaitu kecepatan rencana 120 km/jam, beban gandar 18 ton, kecepatan pada emplasemen 45 km/jam. Struktur atas jalan rel yang digunakan yaitu, rel tipe R54, penambat elastis ganda tipe Pandrol E – Clips, penyambung rel dengan baut dan mur dengan ketentuan kuat tarik 85 kg/mm, pertambahan panjang 12%, dan menggunakan 6 baut dengan mur, dipilih dimensi bantalan beton dengan panjang 2000 mm, dengan penampang 260 mm x 220 mm x 150 mm, sedangkan pada struktur bawah jalan rel dipilih dimensi balas dengan tebal 30 cm, bahu balas 60 cm, dengan kemiringan 1:2, dan sub – balas dengan tebal 50 cm, bahu 60 cm, dan kemiringan 1:2. Pada perancangan geometri terdapat 5 lengkung horizontal dengan jari-jari minimum 780 m, dengan ketentuan kecepatan operasi yaitu 90 km/jam untuk setiap tikungannya. Pada lengkung vertikal terdapat 9 lengkung, dengan kelandaian maksimal adalah 7,18 pada daerah turunan. Dari hasil perhitungan dengan gambar potongan diperoleh nilai galian 2.395.126 m3 dan timbunan sebesar 2.295 m3. Rencana anggaran biaya yang dihabiskan dalam studi tugas akhir ini adalah sekitar Rp 722.949.000.000,00, apabila dirata – ratakan maka didapatkan baiya sebesar Rp 44.083.000.000,00 per km.en_US
dc.publisherFT UMYen_US
dc.subjectKereta Api, Detail Engineering Design, PM No. 60 Tahun 2012en_US
dc.titleSTUDI DETAIL ENGINEERING DESIGN (DED) GEOMETRIK KERETA API JALUR GANDA ANTARA STASIUN SULUSUBAN SAMPAI STASIUN KALIBALANGAN, LAMPUNGen_US
dc.typeThesis SKR 402en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record