Show simple item record

dc.contributor.authorHERHUTOMOSUNU, PRIAJI
dc.date.accessioned2017-01-17T03:18:43Z
dc.date.available2017-01-17T03:18:43Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8495
dc.descriptionIndonesia sebagai negara yang sedang berkembang harus didukung dari berbagai proses pembangunan. Dengan perkembangan pembangunan yang baik akan meningkatkkan perekonomian yang lebih baik. Kemajuan ekonomi nasional tidak lepas dari peranan penting transportasi, baik transportasi laut, udara, maupun darat. Namun dengan semakin terbatasnya kapasitas layanan jalan, kereta api menjadi solusi yang tepat dengan berbagai keunggulannya. khususnya dalam penyelenggaraan transportasi nasional yang terintegritas. Untuk itu penyelenggaraan perkeretaapian nasional di masaa depan harus mampu menjamin pergerakan orang dan barang di seluruh wilayah Indonesia. Studi ini direncanakan pada lintas Rejosari – Cempaka koridor Rengas – Sulusuban, yaitu mulai dari Stasiun Rengas sampai dengan Stasiun Sulusuban sepanjang 22,6 km. Stasiun Rengas dimulai dari stationing Km 47 + 025 dan berakhir pada stasiun Sulusuban dengan stationing Km 68 + 625. Pada Studi ini dilakukan perancangan Detail Engineering Design (DED) geometrik jalur ganda kereta api berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 60 Tahun 2012. Berdasarkan studi yang telah dilakukan dan menganalisis data lapangan yang berupa peta topografi sebagai dasar perancangan geometri jalur kereta api ganda, didapat hasil berupa alinemen horizontal dan vertical, potongan melintang dan memanjang jalur kereta api ganda,dan rancangan anggaran biaya jalur kereta api ganda Stasiun Rejosari sampai Rengas sebesar Rp1,181,221,000,000,- dan bila dirata-ratakan maka akan didapat biaya sebesar Rp52,266,000,000,- per kilometeren_US
dc.description.abstractIndonesia sebagai negara yang sedang berkembang harus didukung dari berbagai proses pembangunan. Dengan perkembangan pembangunan yang baik akan meningkatkkan perekonomian yang lebih baik. Kemajuan ekonomi nasional tidak lepas dari peranan penting transportasi, baik transportasi laut, udara, maupun darat. Namun dengan semakin terbatasnya kapasitas layanan jalan, kereta api menjadi solusi yang tepat dengan berbagai keunggulannya. khususnya dalam penyelenggaraan transportasi nasional yang terintegritas. Untuk itu penyelenggaraan perkeretaapian nasional di masaa depan harus mampu menjamin pergerakan orang dan barang di seluruh wilayah Indonesia. Studi ini direncanakan pada lintas Rejosari – Cempaka koridor Rengas – Sulusuban, yaitu mulai dari Stasiun Rengas sampai dengan Stasiun Sulusuban sepanjang 22,6 km. Stasiun Rengas dimulai dari stationing Km 47 + 025 dan berakhir pada stasiun Sulusuban dengan stationing Km 68 + 625. Pada Studi ini dilakukan perancangan Detail Engineering Design (DED) geometrik jalur ganda kereta api berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 60 Tahun 2012. Berdasarkan studi yang telah dilakukan dan menganalisis data lapangan yang berupa peta topografi sebagai dasar perancangan geometri jalur kereta api ganda, didapat hasil berupa alinemen horizontal dan vertical, potongan melintang dan memanjang jalur kereta api ganda,dan rancangan anggaran biaya jalur kereta api ganda Stasiun Rejosari sampai Rengas sebesar Rp1,181,221,000,000,- dan bila dirata-ratakan maka akan didapat biaya sebesar Rp52,266,000,000,- per kilometeren_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UMYen_US
dc.subjectJALUR KERETA API GANDAen_US
dc.subjectDETAIL ENGINEERING DESIGN (DED)en_US
dc.subjectSTASIUNen_US
dc.titleSTUDI DETAIL ENGINEERING DESIGN (DED) GEOMETRIK JALUR GANDA KERETA API STASIUN RENGAS - STASIUN SULUSUBAN, LAMPUNGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record