dc.contributor.advisor | KHILMIYAH, AKIF | |
dc.contributor.author | WIBOWO, WIJANG PRASANGKO | |
dc.date.accessioned | 2017-01-18T04:04:50Z | |
dc.date.available | 2017-01-18T04:04:50Z | |
dc.date.issued | 2016-12-28 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8568 | |
dc.description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan keaktifan dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VI A SD Muhammadiyah Karang Ploso Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa VI A SD Muhammadiyah Karang Ploso Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes tertulis dalam bentuk soal uraian, instrumen untuk mengetahui keaktifan belajar siswa berupa lembar observasi, serta instrumen angket yang digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap peningkatan keaktifan belajar dan pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TPS.
Sebelum penelitian ini dilakukan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VI A di SD Muhammadiyah Karangploso cenderung masih rendah. Dibuktikan dengan wawancara tidak terstruktur dengan guru mata pelajaran Al-Islam serta observasi secara langsung di dalam kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, persentase keaktifan belajar siswa dari siklus 1 sebesar 76,38% meningkat menjadi 84,37% pada siklus 2 dan sudah melebihi Indikator keberhasilan yaitu 75%. Pembelajaran kooperatif tipe TPS juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus 1 terdapat 4 dari 35 siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus 2 telah terjadi peningkatan, dengan nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 7,83 poin dari 82,22 pada siklus 1, menjadi 90,05 pada siklus 2. | en_US |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan keaktifan dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VI A SD Muhammadiyah Karang Ploso Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa VI A SD Muhammadiyah Karang Ploso Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa tes tertulis dalam bentuk soal uraian, instrumen untuk mengetahui keaktifan belajar siswa berupa lembar observasi, serta instrumen angket yang digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap peningkatan keaktifan belajar dan pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TPS.
Sebelum penelitian ini dilakukan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VI A di SD Muhammadiyah Karangploso cenderung masih rendah. Dibuktikan dengan wawancara tidak terstruktur dengan guru mata pelajaran Al-Islam serta observasi secara langsung di dalam kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, persentase keaktifan belajar siswa dari siklus 1 sebesar 76,38% meningkat menjadi 84,37% pada siklus 2 dan sudah melebihi Indikator keberhasilan yaitu 75%. Pembelajaran kooperatif tipe TPS juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus 1 terdapat 4 dari 35 siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus 2 telah terjadi peningkatan, dengan nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 7,83 poin dari 82,22 pada siklus 1, menjadi 90,05 pada siklus 2. | en_US |
dc.publisher | FAI UMY | en_US |
dc.subject | Pembelajaran kooperatif tipe TPS, keaktifan belajar, hasil belajar Pendidikan Al-Islam | en_US |
dc.title | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR ISMUBA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DI SD MUHAMMADIYAH KARANGPLOSO TAHUN AJARAN 2016/2017 | en_US |
dc.type | Thesi
SKR
354 | en_US |