Show simple item record

dc.contributor.advisorMADJID, ABDUL
dc.contributor.authorRAHMAWATI, ARINTIA
dc.date.accessioned2017-01-19T02:23:40Z
dc.date.available2017-01-19T02:23:40Z
dc.date.issued2017-01-02
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8595
dc.descriptionPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsep pada unsur-unsur pendidikan agama Islam. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan agama Islam di lingkugan pendidikan formal saat ini belum bisa mencapai apa yang menjadi tujuan pendidikan Islam itu sendiri. Hal ini disebabkan karena proses pendidikan yang dilaksanakan belum sepenuhnya menerapkan kosep pendidikan Islam. Seperti kompetensi seorang guru, metode pengajaran yang diterapakan, kurikulum yang disusun, dan tujuan pendidikan. Unsur-unsur tersebut dalam prakteknya kurang sejalan dengan nilai-nilai dan norma-norma yang melandasi pendidikan Islam. Sehingga akan berpengaruh dalam upaya meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengaruh model pembelajaran kolaborasi dengan menggunakan metode kualitatif, dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 4 di SD Muhammadiyah Karangtengah, mendapatkan respon yang baik pada guru dan siswa, karena model pembelajaran kolaborasi ini dinilai efektif untuk pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Agama Islam. Selain itu, metode kolaborasi digunakan untuk meningkatkan kecepatan respon orangtua dan masyarakat. Hasilnya menunjukkan bahwa, peningkatan prestasi Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan model pembelajaran kolaborasi yang di terapkan pada siswa kelas 4 di SD Muhammadiyah Karangtengah, mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. Hasil uji menunjukkan: (1) Model pembelajaran kolaborasi yang digunakan dalam upaya peningkatan prestasi pendidikan agama Islam, di rasa cukup efektif jika di gunakan dalam pembelajaran. (2) Pengaruh lingkungan di rumah, di sekolah atau di lingkungan masyarakat, dapat mempengaruhi mental ataupun fisik anak. (3) Pendekatan dari orang tua atau guru sangat penting bagi anak, karena anak akan termotivasi untuk belajar lebih giat, hasilnya prestasi belajarnya akan meningkat.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsep pada unsur-unsur pendidikan agama Islam. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan agama Islam di lingkugan pendidikan formal saat ini belum bisa mencapai apa yang menjadi tujuan pendidikan Islam itu sendiri. Hal ini disebabkan karena proses pendidikan yang dilaksanakan belum sepenuhnya menerapkan kosep pendidikan Islam. Seperti kompetensi seorang guru, metode pengajaran yang diterapakan, kurikulum yang disusun, dan tujuan pendidikan. Unsur-unsur tersebut dalam prakteknya kurang sejalan dengan nilai-nilai dan norma-norma yang melandasi pendidikan Islam. Sehingga akan berpengaruh dalam upaya meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengaruh model pembelajaran kolaborasi dengan menggunakan metode kualitatif, dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 4 di SD Muhammadiyah Karangtengah, mendapatkan respon yang baik pada guru dan siswa, karena model pembelajaran kolaborasi ini dinilai efektif untuk pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Agama Islam. Selain itu, metode kolaborasi digunakan untuk meningkatkan kecepatan respon orangtua dan masyarakat. Hasilnya menunjukkan bahwa, peningkatan prestasi Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan model pembelajaran kolaborasi yang di terapkan pada siswa kelas 4 di SD Muhammadiyah Karangtengah, mendapatkan hasil yang cukup memuaskan. Hasil uji menunjukkan: (1) Model pembelajaran kolaborasi yang digunakan dalam upaya peningkatan prestasi pendidikan agama Islam, di rasa cukup efektif jika di gunakan dalam pembelajaran. (2) Pengaruh lingkungan di rumah, di sekolah atau di lingkungan masyarakat, dapat mempengaruhi mental ataupun fisik anak. (3) Pendekatan dari orang tua atau guru sangat penting bagi anak, karena anak akan termotivasi untuk belajar lebih giat, hasilnya prestasi belajarnya akan meningkat.en_US
dc.publisherFAI UMYen_US
dc.subjectPeningkatan Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kolaborasien_US
dc.titleUPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOLABORASI PADA SISWA KELAS 4 DI SD MUHAMMADIYAH KARANGTENGAHen_US
dc.typeThesis SKR 259en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record